Kamis, 09 Februari 2017

Cara Paling Tepat Mendidik Anak Sejak Usia Dini

Mendidik anak sejak dini merupakan hal yang sangat penting, karena sejak usia tersebutlah anak sudah mulai bisa membangun karakternya ketika telah dewasa. Sebagai orang tua yang baik, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mendidik anak sejak usia dini yang baik dan benar.
Berikut ini cara mendidik anak usia dini yang paling tepat:
1. Sebagai orangtua, Anda harus bersikap lemah lembut dan menunjukkan kasih sayang yang tulus.

Hal ini mutlak dilakukan oleh setiap orangtua, Anda tidak boleh berlaku kasar terhadap anak Anda, karena sikap Anda akan ditakuti oleh anak, bukan dihormati. Bersikap lemah lembut akan membuat anak mendengarkan perkataan orangtuanya. Selain itu Anda harus menunjukkan rasa kasih sayang kepada anak Anda, misalnya dengan cara menyatakan bahwa Anda sangat menyayanginya.

2. Hindari menggunakan kata "jangan" pada anak.
Inilah yang sering dilakukan oleh kabanyakan orang tua jika melarang anaknya melakukan sesuatu. Padahal sesungguhnya kata "jangan" akan berakibat negatif dan dapat menghambat kreativitas anak. Jika hendak melarang anak untuk melakukan sesuatu yang mungkin membahayakan, gunakanlah kata lain yang lebih positif seperti contohnya Anda tidak mengatakan "jangan berlari" tapi cobalah dengan kata seperti "berjalan saja". Sederhana, tapi ini dapat mempengaruhi pertumbuhan anak Anda.

3. Jangan menakut-nakuti anak.
Perbuatan ini seringkali dilakukan oleh orangtua kepada anaknya segera menurutinya, padahal hal ini akan berdampak tidak baik terhadap anak. Ketika ia dewasa ia bisa mengalami trauma atau bahkan jadi orang yang penakut.

4. Jangan memarahi anak ketika ia melakukan kesalahan.
Hal ini juga seringkali dilakukan oleh orangtua. Jika anak melakukan kesalahan alangkah lebih baiknya jika Anda memberitahukan dengan lembut kepada anak apa yang seharusnya atau bagaimana yang baiknya.

5. Anda harus aktif membimbing anak.
Anak pada usia dini sangat membutuhkan bimbingan dari orangtuanya. Ajarkan anak Anda rasa tanggungjawab, ajarkan untuk meminta maaf jika ia melakukan kesalahan, tumbuhkan sikap menghormati dan keterbukaan pada anak.

6. Jadilah pendengar yang baik bagi anak.
Ketika anak menginjak usia dini, ia sedang berkembang dan sedang dalam masa "cerewet-cerewetnya". Sebagai orangtua, Anda tidak boleh begitu saja menghiraukan apa yang diceritakan oleh anak, melainkan Anda harus menjadi pendengar yang baik dan merespon cerita anak Anda.

Jadilah panutan atau idola bagi anak Anda dengan memberikan apapun yang terbaik baginya, sehingga selain mereka merasa nyaman karena Anda menjadi pendengar yang baik, anak akan menyebut Anda sebagai idolanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar