Kamis, 08 Desember 2016

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Motivasi Belajar untuk Siswa

Ada hubungan positif antara prestasi belajar dengan motivasi belajar yang dimiliki siswa. Siswa yang memiliki motivasi belajar yang kuat akan cenderung menunjukkan hasil belajar yang memuaskan. Namun, banyak orang yang beranggapan bahwa motivasi intrinsik akan lebih besar pengaruhnya dibandingkan motivasi ekstrinsik.
Berdasar pengalaman menunjukkan, motivasi ekstrinsik tidak kalah bagusnya untuk memacu prestasi belajar siswa. Misalnya, pemberian penghargaan, hadiah, pujian dan lainnya, justru akan sangat ampuh untuk mendorong siswa mau belajar. Dan berdasarkan motivasi siswa, ada dua jenis motivasi belajar siswa. Kedua jenis motivasi ini saling mendukung untuk memacu prestasi belajar. Dan masing-masing motivasi ini mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan dan kekurangan motivasi intrinsik

Ini merupakan dorongan atau rangsangan belajar yang berasal dari dalam diri siswa sendiri. Siswa mau belajar karena atas kemauan sendiri untuk berprestasi dalam belajar. Kelebihan jenis motivasi ini adalah dapat bertahan lama. Selain itu, motivasi ini berpeluang besar untuk mencapai hasil belajar secara optimal. Namun untuk kekurangannya adalah sulit munculnya kemauan belajar yang benar-benar berasal dari kemauan siswa itu sendiri. Artinya, tidak mudah bagi guru atau pun orangtua untuk membangkitkan motivasi belajar intrinsik ini.

Kelebihan dan kekurangan motivasi ekstrinsik

Motivasi ini merupakan dorongan atau rangsangan siswa untuk belajar berasal dari luar diri siswa itu sendiri. Ada faktor luar yang dapat merangsang kemauan siswa untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Kelebihan motivasi ekstrinsik ini adalah dapat melibatkan orang lain seperti guru dan orang tua siswa. Siswa akan merasa mendapat dorongan dalam belajar agar mereka dapat mencapai prestasi belajar yang lebih baik. Dan kekurangan mootivasi ini adalah tidak dapat bertahan lama. Siswa akan semangat belajar jika ada motif dari pihak luar untuk belajar. Pemberian hadiah, seperti pujian merupakan contoh motivasi ekstrinsik.

Jadi, apa pun kelebihan dan kekurangannya, motivasi ini sangat penting bagi semua siswa untuk meraih hasil belajar yang optimal. Oleh sebab itu, baik guru maupun orang tua harus selalu berusaha untuk membangun motivasi belajar siswa dengan cara sesuai situasi dan kondisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar