Selasa, 16 Agustus 2016

Manfaat Dibalik Berjalan Kaki untuk Kesehatan

Olahraga sangat dianjurkan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Dengan berolahraga, peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar sehingga membuat tubuh menjadi bugar. Salah satu jenis olahraga yang murah meriah dan dapat dilakukan kapan pun saja dan dimana saja adalah jalan kaki. Selain tidak membutuhkan terlalu banyak tenaga seperti olahraga yang lain, misalnya: sepakbola, bulu tangkis, dan futsal. Ternyata hanya dengan berjalan kaki, kita akan mendapat banyak manfaat untuk kebugaran dan kesehatan tubuh. Menurut salah satu penelitian mengungkapkan bahwa dengan berjalan kaki bisa mengurangi berbagai macam penyakit. Bahkan bisa menyembuhkan penyakit tersebut tanpa kita memerlukan banyak biaya.
Nah, berikut penyakit yang bisa disembuhkan dengan hanya berjalan kaki.
1. Serangan jantung

Serangan jantung datang secara tiba-tiba kapan pun saja. Serangan jantung termasuk dalam penyakit yang mematikan. Nah, tahukah Anda hanya dengan berjalan kaki saja maka risiko terkena serangan jantung dapat dikurangi. Hal ini bisa terjadi karena otot jantung membutuhkan aliran darah yang deras (dari pembuluh koroner) agar menjadi segar dan juga dapat berfungsi secara normal untuk memompa darah. Berjalan dengan ritme cepat bisa mengalirkan darah ke dalam jantung. Dengan seringnya Anda berjalan kaki, maka kolesterol baik atau dikenal dengan istilah HDL yang bekerja sebagai spans untuk menyerap kolesterol jahat atau LDL akan meningkat dengan Anda berjalan kaki. Minimal Anda dapat melakukan jalan cepat ini sebanyak 5 kali seminggu.

2. Depresi
Depresi atau stres dapat menimpa kepada siapa saja. Pikiran yang tidak terkontrol, sering melamun, masalah pekerjaan, masalah keluarga dapat menjadi penyebab timbulnya depresi. Satu hal yang dapat menggantikan obat anti depresi yang diminum bagi penderita depresi adalah dengan berjalan kaki. Untuk itulah berjalan kaki dapat dimulai dari sekarang untuk menyembuhkan pasien yang sedang mengalami depresi.

3. Kanker
Kanker adalah salah satu penyakit yang ganas yang dapat menyebabkan kematian setiap saat. Tetapi kanker dapat dicegah sedini mungkin, salah satunya dengan berjalan kaki. Kanker yang dimaksud disini adalah jenis kanker usus besar (Colorectal Carcinoma). Anda mungkin tahu jika gerakan badan juga dapat memperlancar gerakan peristaltik (meremas-remas) pada usus, sehingga buang air besar menjadi lancar. Sedangkan salah satu penyebab kanker usus karena kotoran yang bertahan lama di saluran pencernaan.

4. Osteoporosis
Osteoporosis adalah penyakit tulang yang sering menyerang wanita usia lanjut. Tetapi sekarang ini tidak hanya menyerang wanita usia lanjut, usia muda dan dewasa juga rentan terkena osteoporosis. Dengan sering berjalan kaki bukan hanya menyebabkan otot tubuh saja yang sehat, tetapi tulang di dalam tubuh juga ikut sehat dan kuat. Mencegah osteoporosis tidak cukup hanya dengan mengkonsumsi vitamin D dan kalsium saja, tetapi tubuh membutuhkan gerakan dibawah sinar matahari pagi selama lebih kurang dari 15 menit, lebih dari itu juga lebih baik.

5. Diabetes
Diabetes juga termasuk penyakit yang membahayakan jika tidak dicegah sedini mungkin. Apalagi bagi Anda yang mempunyai riwayat keluarga yang terkena diabetes, maka kemungkinan terkena diabetes lebih besar. Cara yang paling mudah dan murah adalah rutin berjalan kaki sekitar 6 kilometer dan jarak tersebut ditempuh dalam waktu 50 menit. Hal ini dapat mencegah berkembangnya diabetes, khususnya bagi mereka yang bertubuh gemuk, seperti yang diutarakan National Instute of Diabetes and Gigesive & Kidney Disease. Selama gula darah anda dapat terkontrol dengan baik hanya dengan menggerakkan badan seperti jalan cepat atau brisk walking, maka obat tidak diperlukan. Yang Anda perlukan hanya berjalan secara rutin untuk menjaga kesehatan tetap prima dan dapat terhindar dari diabetes.

Untuk mendapatkan tubuh sehat tidak perlu mahal, karena hanya dengan melakukan olahraga kondisi tubuh Anda dapat senantiasa prima. Nah, salah satu olahraga yang murah meriah tetapi tetap berkhasiat adalah dengan berjalan kaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar