Jumat, 13 Mei 2016

Bahayanya Mengkonsumsi Vitamin Berlebihan

Vitamin sangat bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan tubuh. Namun, meskipun vitamin memberikan manfaat dan keuntungan untuk tubuh, jika dikonsumsi dengan cara berlebihan akan buruk untuk kesehatan. Tidak ada vitamin tertentu yang dapat merugikan Anda, tetapi banyak hal yang tidak baik untuk tubuh jika dikonsumsi dengan cara berlebihan. Anda harus menjaga jumlah asupan vitamin. Jika Anda mencoba dan memahami bagaimana tubuh Anda bekerja, Anda akan menyadari bahwa tubuh Anda hanya membutuhkan sejumlah kecil dari vitamin. Ada beberapa jenis vitamin yang ketika dikonsumsi secara berlebihan bisa berdampak buruk bagi seluruh fungsi tubuh.
Berikut beberapa jenis vitamin yang dapat membahayakan jika dikonsumsi dalam jumlah besar:
1. Vitamin B

Ada sejumlah kandungan tertentu dari vitamin B yang dibutuhkan tubuh Anda. Meskipun vitamin ini diperlukan untuk menjaga kesehatan, mengkonsumsi dengan cara berlebihan bisa berbahaya bagi tubuh Anda. Meskipun ini adalah vitamin yang larut air, terlalu banyak vitamin B dapat menyebabkan masalah saraf.

2. Vitamin C
Vitamin C diketahui sebagai salah satu jenis vitamin yang memberikan kekebalan untuk tubuh dan sistem tubuh Anda. Tetapi mengkonsumsi vitamin ini dalam jumlah besar dapat membahayakan kesehatan Anda. Diare, mual, batu ginjal dan kram perut adalah masalah umum yang akan timbul saat Anda mmengkonsumsi terlalu banyak vitamin C. Ini juga berlaku jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak zinc.

3. Vitamin A dan D
Ini salah satu jenis vitamin yang larut lemak tetapi ketika dikonsumsi dengan dosis tinggi dapat berubah menjadi vitamin yang dapat membahayakan tubuh Anda. Tingginya kadar vitamin A dapat menyebabkan cacat lahir sedangkan untuk vitamin D akan menyebabkan masalah yang tidak dapat ditoleransi pada tubuh.

4. Vitamin E dan K
Vitamin E dan vitamin K juga tergolong dalam vitamin larut lemak, yang ketika dikonsumsi dalam jumlah tinggi akan buruk bagi kesehatan Anda. Vitamin E yang dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan risiko perdarahan, sedangkan vitamin K, bila dikonsumsi dalam kadar tinggi dapat mengurangi atau membalikkan proses obat pengencer darah yang nantinya akan mencegah pembekuan darah normal.

Jika Anda ingin mengkonsumsi vitamin, sebaiknya dilakukan dengan dosis yang tepat. Jika memungkinkan, konsultasilah dengan dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar