Jumat, 20 Mei 2016

5 Manfaat Membacakan Dongeng bagi Perkembangan Anak

Membacakan dongeng sebelum tidur pada anak saat ini mungkin sudah jarang dilakukan. Tapi anak-anak tahun 90-an mungkin pernah mengalami ini. Membacakan cerita dongeng pada anak mungkin terlihat sepele, tetapi dibalik itu banyak nilai positif dan manfaat yang didapat untuk perkembangan anak. Namun, kebanyakan dari kita orang tua tidak sempat dan tidak memiliki waktu untuk melakukan hal ini akibat dari padatnya aktivitas di luar rumah. Salah satu manfaat dari membacakan dongeng bagi anak adalah dapat mempererat ikatan batin antara anak dan orangtua.
Berikut manfaat dibalik membacakan dongeng untuk perkembangan anak:
1. Meningkatkan minat untuk membaca pada anak

Anak-anak biasanya mempunyai kebiasaan malas untuk membaca. Nah, dengan Anda membacakan cerita dongeng pada anak Anda maka akan membangkitkan minat anak untuk membaca. Cerita dongeng akan membuat anak penasaran sehingga merangsang anak untuk ingin membacanya. Dan buku cerita merupakan salah satu alat untuk membangkitkan minat membaca pada anak.

2. Menambah kosa kata anak
Perlu Anda ketahui bahwa dengan membacakan dongeng pada anak akan menambah kemampuan berbahasa anak. Hal ini karena anak lebih mudah menyerap setiap kosa kata yang didengarnya dari cerita tersebut. Cerita dongeng mengandung nilai-nilai positif dengan gaya bahasa yang lebih sopan sehingga lebih mudah untuk dipahami dan dimengerti oleh anak.

3. Meningkatkan kecerdasan emosional anak
Hal ini karena cerita dongeng akan membantu anak Anda dalam memahami nilai-nilai moral tentang kehidupan. Perlu diketahui bahwa kecerdasan emosional sangat penting bagi kehidupan sosial anak disamping kecerdasan kognitif. Melalui cerita dongeng, anak-anak pasti akan lebih mudah untuk memahami nilai-nilai moral.

4. Bantu perkembangan imajinasi anak
Dunia anak-anak merupakan dunia imajinasi sehingga mereka terkadang memiliki dunia sendiri yang disebut dengan dunia khayalan. Nah, dengan membacakan cerita dongeng pada anak ,maka secara tidak langsung Anda mengarahkan daya imajinasi anak kearah yang lebih baik.

5. Menciptakan rasa empati
Membacakan cerita dongeng dengan beragam tema, termasuk kondisi kehidupan salah satu tokoh dongeng yang tidak selamanya bahagia akan menciptakan rasa empati pada anak. Anak-anak akan belajar untuk berempati dengan keadaan orang-orang dilingkungan sekitar yang nasibnya tidak seberuntung dirinya.

Itulah manfaat membacakan cerita dongeng bagi anak yang perlu diketahui. Jadi, sempatkanlah untuk membacakan satu cerita setiap hari bagi anak sebelum tidur atau di sela-sela waktu senggang Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar