Kamis, 22 Oktober 2015

Waspada! Inilah Gejala Kanker Otak yang Sering Diabaikan

Penyakit kanker, menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan dan ditakuti banyak orang, karena belum ada obatnya seperti penyakit lainnya. Namun penyakit ini dapat dikendalikan, jika didiagnosis pada tahap awal. Namun sayangnya, banyak orang yang baru menyadari dirinya mengidap kanker setelah memasuki tahap yang cukup serius. Karena umumnya, tanda-tanda dan gejala kanker sering dianggap sebagai gejala penyakit lain. Dari beberapa penelitian yang dilakukan, tidak semua penderita kanker mengetahui jika ia menderita kanker. Hal ini terjadi karena gejala kanker memang tidak bisa dideteksi dengan cepat dan tepat. Beberapa penderita kanker bahkan sering kali mengabaikan gejala-gejala kanker di tubuhnya. Dan salah satu gejala kanker yang paling sering diremehkan adalah gejala kanker otak.
Berikut beberapa gejala kanker otak yang sering diabaikan:
1. Sakit kepala

Gejala paling umum yang terjadi pada penderita kanker otak adalah sakit kepala. Namun, penderita kanker jenis ini sering kali mengabaikan sakit kepala yang ia alami. Sakit kepala memang merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Untuk itu, tidak heran jika sakit kepala sering kali dianggap sebagai penyakit biasa. Tapi tahukah Anda, saat sakit kepala yang dirasakan sangat sakit, kemungkinan besar Anda sedang mengalami gejala kanker, tumor atau penyakit serius lainnya.

2. Mual dan muntah
Ketika otak mengalami masalah, gejala yang bisa dirasakan adalah mual dan muntah. Saat otak kemungkinan besar diserang oleh sel kanker, maka seseorang juga akan merasa mual dan muntah. Apalagi, jika mual dan muntah ini terjadi secara terus menerus dan tidak diketahui penyebab utama kenapa bisa terjadi kondisi ini.

3. Kejang-kejang
Bagi mereka yang tidak tahu, kejang-kejang mungkin dianggap sebagai epilepsi. Namun medis mengatakan jika kejang-kejang yang tidak biasa dan datangnya tiba-tiba, hal ini bisa jadi sebagai gejala awal dari kanker atau tumor otak. Kejang yang menjadi gejala kanker otak biasanya terjadi selama beberapa menit. Saat kejang, dalam waktu beberapa detik tubuh pun seolah berhenti bernafas dan akan menjadi kaku. Jika Anda atau orang terdekat mengalami hal ini, pastikan untuk segera periksa diri ke rumah sakit terdekat.

4. Mudah lelah dan pelupa
Penelitian menemukan bahwa gejala awal dari adanya risiko kanker di tubuh adalah tubuh mudah lelah dan lemas. Tidak hanya itu saja, beberapa kanker seperti kanker otak dan hati sering kali membuat otak menjadi lemah dan tidak mampu berpikir dengan cepat seperti biasanya. Dan untuk kanker otak sendiri, gejala umum yang terjadi adalah tubuh lelah setiap kali melakukan aktivitas dan kemampuan mengingat menurun.

5. Mengantuk berkepanjangan
Setiap orang biasanya membutuhkan waktu tidur 8 jam dalam sehari agar tubuhnya tetap sehat dan bugar. Namun apabila Anda telah cukup tidur tetapi masih merasa ngantuk dan lelah berkepanjangan maka hal ini patut diwaspadai sebagai gejala awal kanker otak.

Selain gejala di atas, gejala lain adalah kesulitan melakukan keseimbangan, kemampuan pendengaran berkurang, masalah penglihatan, kesulitan berbicara dan perubahan perilaku yang mudah marah serta menjadi sangat sensitif. Jika Anda menemukan tanda-tanda ini pada tubuh, segera periksakan ke dokter. Semakin cepat, semakin baik!

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar