Senin, 05 Oktober 2015

Mengenal Khasiat dari Bunga Teratai

Teratai atau Nelumbium nelumbo Druce merupakan bunga yang unik, pasalnya bunga ini mampu hidup dan bertahan di atas air. Berbeda halnya dengan tanaman dan tumbuhan lain yang hidupnya di atas tanah, teratai justru tumbuh subur di atas air. Kita akan mudah menemukan bunga teratai di atas kolam ikan atau di sungai yang airnya tenang. Selama ini banyak orang yang tidak tahu manfaat dan khasiat dari bunga teratai, terutama khasiat bunga teratai untuk kesehatan. Orang hanya tahu, jika bunga teratai hanya berguna untuk memberi makanan pada ikan yang ada di kolam.

Bunga teratai memiliki ciri-ciri khusus yang tidak banyak diketahui. Sebab tidak semua bunga yang hidup di atas air adalah bunga teratai. Berikut ciri spesifik dari bunga teratai; Teratai adalah tumbuhan hidrofit, jadi kebanyakan tumbuhan teratai hidup di atas air. Daun teratai memiliki bentuk bulat. Diameter daun sekitar 1 sampai dengan 2 meter. Daun teratai yang lebar ini membuat bunga teratai mudah dalam melakukan fotosintesis. Tangkai dari bunga ini tumbuh menjalar sehingga akan terlihat helaian-helaian daunnya yang mengapung di atas permukaan air. Tangkai bunga tegak. Akar bunga teratai tumbuh di bawah air, batangnya juga berada di dalam air. Bunga teratai berkelopak-lopak seperti bunga mawar. Lapisan kelopaknya juga banyak. Perkembang biakan bunga teratai menggunakan biji dan juga tunas.

Berikut khasiat bunga teratai untuk kesehatan:
1. Mimisan

Ambil akar teratai secukupnya kemudian dijus. Peras airnya, kemudian teteskan ke dalam lubang hidung.

2. Menurunkan darah tinggi
Rebus 10 gram biji teratai dan 15 gram tunas teratai dengan 350 cc air bersih hingga tersisa 200 cc saja. Minum air rebusan tersebut setiap hari seperti minum teh.

3. Mengatasi Insomnia
Siapkan 5-12 g biji teratai, rendam, kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga menjadi 1 gelas. Setelah dingin, minum airnya dan bijinya dimakan. Lakukan pengobatan ini secara rutin hingga ada perubahan.

4. Batuk darah, muntah darah
Rimpang teratai dicuci bersih, kemudian dibuat jus. Buat hingga satu gelas ukuran 200 cc. Minum ramuan jus rimpang teratai tersebut secara rutin setiap hari selama 3-5 hari.

5. Muntah, diare
Ambil 50 gram rimpang teratai dan 10 gram jahe, cuci bersih kemudian keduanya dijus atau diparut untuk diambil airnya. Setelah diperoleh airnya, minum sehari 3 kali.

6. Obat Disentri
50 gram rimpang teratai dan 10 gram jahe diparut kemudian diambil airnya. Tambahkan air 100 cc kemudian dimasak hingga mendidih. Setelah dingin, tambahkan 1 sendok makan madu, aduk rata kemudian diminum sekaligus.

7. Panas dalam, gondokan, penyakit jantung dan liver
Cuci bersih 100 gram rimpang teratai dan 50 gram akar alang-alang segar, kemudian dipotong-potong seperlunya. Rebus semuanya dalam 500 cc air bersih hingga airnya tersisa 250 cc. Setelah dingin airnya disaring dan diminum seperti minum teh.

Nah siapa yang menyangka jika tumbuhan yang hidup di air, yang biasanya diabaikan ini ternyata memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar