Jumat, 24 Juli 2015

Manfaat Sehat Dibalik Biji Buah Semangka

Buah semangka merupakan salah satu buah yang banyak mengandung air. Semangka mampu menghidrasi tubuh karena didalamnya juga mengandung vitamin A, C, serta kalium yang bagus untuk kesehatan. Tidak hanya buahnya saja, namun semua bagian buah ini pun memiliki manfaat bagi kesehatan, tidak terkecuali bijinya. Khasiat biji buah semangka salah satunya dihasilkan dari kandungan likopen yang baik bagi tubuh. Likopen ini berfungsi sebagai zat anti kanker yang artinya dapat membasmi sel kanker dalam tubuh. Selain sebagai zat anti kanker, jadi jika bermasalah dengan ginjal, ada baiknya untuk memanfaatkan biji semangka sebagai obatnya.

Berikut manfaat sehat dari biji buah semangka: 
1. Melawan penyakit diabetes 
Jika seseorang menderita diabetes, maka biji buah semangkalah yang tepat untuk dijadikan obat alami, cara penyajiannya, rebuslah biji semangka dalam air selama 40-45 menit. Biji buah semangka ini bisa dinikmati sama seperti teh setiap hari. Hal ini dapat memperbaiki kekurangan yang menimbulkan diabetes.

2. Mempertajam Memori 
Biji semangka dapat membangun kekuatan memori. Mengkonsumsi biji semangka dapat membantu mempertajam daya retensi ingatan, semakin Anda sering mengkonsumsi biji buah semangka semakin kuat juga memori ingatan Anda, jadi mulailah meningkatkan retensi ingatan dengan mengonsumsi biji dari buah semangka.

3. Sumber asam amino alami 
Untuk bisa menjalankan fungsi tubuh, manusia membutuhkan asupan asam amino. Tubuh mendapatkan asam dalam bentuk asam glutamat dan tryptohan. Nah, biji semangka ini merupakan sumber alami asam amino. Sehingga, dengan mengkonsumsi biji semangka maka dapat meningkatkan sistem metabolisme, kesehatan seksual, serta sistem organ kardiovaskuler.

4. Persediaan magnesium 
Magnesium merupakan salah satu mineral yang paling penting yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Menurut pendapat ilmu kedokteran, 100 gram biji semangka menyediakan 139% dari jumlah yang diperlukan magnesium untuk tubuh. Hal ini dapat mempercepat metabolisme, sitesis protein dan menormalkan tekanan darah. Selain itu, mengontrol diabetes dan hipertensi.

5. Kesehatan seksual 
Ini adalah salah satu manfaat kesehatan yang paling signifikan dari biji buah semangka. Biji buah semangka ini mengandung banyak lycopene dan beberapa vitamin. Ini sangat baik untuk tujuan seksual. Meningkatkan kapasitas kebugaran pria. kehadiran beberapa vitamin yang cukup baik unuk mendapatkan darah yang sehat. Mereka mempertahankan aktifitas sistem syaraf dan membangun sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

Jadi, bagi Anda yang suka dan biasa membeli atau mengkonsumsi semangka tanpa biji, maka berhentilah. Mulailah mengkonsumsi semangka beserta bijinya. Tidak hanya daging buahnya, biji semangka juga memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Oleh sebab itu, mulailah konsumsi semangka beserta bijinya mulai dari sekarang.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar