Jumat, 24 Juli 2015

Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Sirsak merupakan buah yang banyak tumbuh di daerah tropis. Rasa buahnya yang manis asam membuat banyak orang menyukainya. Sirsak (Annona muricat L) memiliki daging buah yang tebal dan banyak mengandung serat vitamin C alami yang cukup tinggi. Zat antioksidan di dalam buah sirsak pun cukup tinggi. Tidak hanya buah, daun sirsak pun ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh: 
1. Mengobati kanker 
Secara umum daun sirsak memiliki kandungan zat anti kanker alami yang jarang sekali ditemukan di buah-buahan lain, oleh karena itu banyak ahli kesehatan yang merekomendasikan pasien kanker untuk mengobati penyakitnya dengan menggunakan daun sirsak ini. Lebih dari itu beberapa penelitan menyebutkan bahwa daun sirsak ini memiliki kekuatan 100 kali lebih efektif dalam mengobati penyakit kanker dibandingkan dengan kemoterapi. Cara menggunakannya pun cukup mudah dimana Anda hanya perlu mengambil beberapa lembar daun sirsak, dan direbus hingga mendidih, setelah itu Anda hanya perlu meminum air tersebut 2 kali sehari. Penggunaan yang rutin dengan menggunakan daun sirsak ini secara efektif dalam mengatasi penyakit kanker.

2. Mengobati diabetes 
Selain dikenal sebagai obat penyakit kanker, daun sirsak juga dikenal sebagai bahan alternatif untuk mengobati penyakit diabetes, hal ini dikarenakan pada daun sirsak umumnya mengandung zat antioksidan yang mampu menetralisir kandungan gula dalam darah. Oleh karena itu jika Anda memiliki penyakit diabetes atau kencing manis mungkin ada baiknya jika Anda menggunakan daun sirsak ini sebagai obat untuk penyakit Anda.

3. Mengobati asam urat 
Penyakit asam urat umumnya memang menjadi penyakit yang umum diderita oleh orang-orang lanjut usia, hal ini dikarenakan pada orang-orang yang memiliki usia lanjut. Umumnya kekebalan tubuh mereka berkurang dan daun sirsak disebut-sebut sebagai obat yang efektif dalam mengatasi penyakit asam urat. Cara menggunakannya pun mudah, dimana Anda hanya perlu beberapa lembar daun sirsak, lalu merebusnya hingga mendidih, setelah itu Anda dapat meminum air rebusan itu secara rutin.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh 
Kandungan yang terdapat pada daun sirsak dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi pada tubuh. Caranya, siapkan 4/5 lembar daun sirsak, rebus dengan 4 gelas air biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas. Minumlah 1 kali sehari.

5. Mengobati darah tinggi 
Yang terakhir ialah dapat mengobati penyakit darah tinggi, umumnya penyakit darah tinggi dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti stroke, dan bahkan pendarahan pada otak. Menurut beberapa penelitian menyebutkan, bahwa penyakit darah tinggi dapat diatasi dengan mengunakan air rebusan daun sirsak ini.

Nah, itulah beberapa manfaat dari daun sirsak. Semoga bermanfaat bagi kesehatan Anda.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar