Jumat, 24 Juli 2015

Hati-Hati! Ini Gejala Kecanduan Smartphone

Ponsel atau smartphone sudah menjadi bagian dari gaya hidup sekarang ini. Sebagian besar orang, terutama remaja sangat kecanduan smartphone. Bagaimana tidak, sepanjang harinya diisi dengan bermain smartphone. Waktu berkumpul dengan teman dan keluarga pun smartphone tidak ketinggalan. Hal ini sangat dianggap serius, sehingga ada studi yang menyebutkan istilah Nomophobia bagi para pecandu smartphone. Apa Anda termasuk Nomophobia? Inilah tanda-tandanya.

Insomnia 
Seseorang yang memiliki smartphone akan sulit untuk meninggalkan pekerjaan dan media sosialnya. Ia akan terus mengusap layarnya sambil berbaring di ranjang. Membiarkan smartphone berada di samping Anda ketika tidur adalah hal yang buruk bagi tubuh dan pikiran. Melatonin yang berperan sebagai pengatur waktu tidur dapat bekerja dengan cara menerjemahkan cahaya dan kegelapan. Cahaya pada smartphone dapat menggagalkan melatonin untuk menerjemahkan bahwa itulah saat Anda istirahat.

Meningkatnya level stress pada jari, pikiran, dan tubuh 
Para peneliti menyatakan bahwa terjadi aktivitas yang tinggi pada otak setiap saat seseorang menyentuhkan jarinya pada layar smartphone. Aktivitas tinggi pada otak tersebut dapat meningkatkan aktivitas elektris pada otak yang dapat menyebabkan stres pada jari dan pikiran. Stres pada pikiran dan tubuh juga dapat terjadi ketika tubuh perlu istirahat setelah seharian bekerja namun Anda justru asyik memainkan ponsel. Dengan demikian, tidak hanya otot mata yang lelah, tetapi energi tubuh Anda pun akan memburuk.

Gelisah 
Kegelisahan dapat muncul hanya karena sebuah notifikasi smartphone. Dorongan terus-menerus untuk mengecek smartphone dan tidak ada pesan akan menimbulkan stres dan kegelisahan, gelisah jika sampai tidak menerima satu pun pesan.

Sulit berhubungan dengan orang lain 
Smartphone menyebabkan hancurnya sebuah hubungan dan persahabatan. Terus menerus menggunakan smartphone saat berkumpul dengan teman dan keluarga akan sangat mengganggu mereka. Saat-saat berkumpul pun jadi tidak berkualitas.

Bermalas-malasan 
Untuk apa stres memikirkan masalah jika dapat menemukan solusinya viaonline? Itulah yang ada di pikiran pecandu smartphone. Tinggal duduk atau berbaring mengenggam hape maka masalah terpecahkan. Itu membuat Anda bermalas-malasan, tidak melakukan kegiatan menyehatkan seperti berpikir, berdiskusi, bersosialisasi, olahraga atau bahkan sekedar berjalan kaki keliling rumah.

Untuk itu penting bagi para pengguna ponsel khususnya smartphone untuk lebih bijaksana dalam menggunakan ponsel. Ponsel hanyalah sebuah alat yang memudahkan kita saja dalam hal komunikasi. dan bijaklah memakainya.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar