Selasa, 09 Juni 2015

Dampak Positif dan Negatif Homeschooling bagi Anak

Homeschooling merupakan alternatif baru yang hadir dalam dunia pendidikan. Terutama di Indonesia, Homeschooling mulai dilirik sebagai salah satu alternatif pelaksanaan pembelajaran yang efektif bila dibandingkan dengan pembelajaran disekolah. Akan tetapi apabila di kaji lebih dalam dan lebih teliti, metode pembelajaran ini memiliki dampak positif dan negatif bagi perkembangan anak. Oleh karena itu bagi para orangtua sebaiknya mempertimbangkan terlebih dahulu Dampak positif dan negatifnya.

Dampak Positif dari Homeschooling 
1. Menjaga pergaulan anak
Salah satu manfaat atau efek positif dari homeschooling yaitu menjaga dan menghindari pergaulan yang tidak baik dan bisa membahayakan masa depan anak. Metode pembelajaran di rumah akan menghindarkan anak dari ancaman pergaulan yang buruk seperti merokok atau mengkonsumsi minuman beralkohol. Selain itu, dengan menerapkan metode pembelajaran di rumah akan menciptakan suasana penuh kasih sayang antara orangtua dan anak. Selain itu, dengan belajar di rumah anak akan lebih nyaman sehingga pelajaran akan mudah dimengerti oleh anak.

2. Motivasi dan semangat belajar anak akan meningkat
Manfaat selanjutnya dari metode pembelajaran ini yaitu akan membuat anak lebih bersemangat dalam belajar. Anak akan merasa memiliki ruang dan waktu yang bebas untuk belajar dan melakukan sesuatu yang baru. Selain itu, anak akan mempunyai banyak kesempatan untuk mencoba hal-hal yang diminati dalam pelajaran. Kondisi tersebut akan membuat anak lebih termotivasi dan bersemangat dalam belajar.

3. Menciptakan kebebasan dalam belajar
Metode pembelajaran homeschooling akan membuat anak lebih mudah dalam beradaptasi. Hal ini karena orang-orang yang ditemui anak merupakan orang-orang yang sudah dekat dengan mereka. Selain itu, metode pembelajaran ini akan membuat anak lebih nyaman dan tidak tertekan. Anak-anak akan memiliki kebebasan dalam belajar dan tidak akan merasa terbebani dengan aturan dan tugas seperti yang ada di sekolah formal.

Dampak Negatif dari Homeschooling 
1. Anak tidak bisa mandiri
Efek negatif dari homeschooling akan menyebabkananak tidak bisa mandiri dalam segala hal. Anak-anak tidak akan bisa terlepas dari kebiasaan bergantung pada orang lain. Ketika berada di luar lingkungan rumah, anak tidak akan bisa mengatasi permasalahan yang terjadi pada dirinya. Hal ini akan berdampak terhadap psikologis anak dan akan terbawa sampai anak dewasa. Efek negatif dari metode pembelajaran ini akan melahirkan anak manja dan selalu ingin di layani dalam segala hal.

2. Anak tidak bisa bersosialisasi
Homeschooling memberikan dampak positif dan negatif bagi perkembangan anak. Salah satu dampak negatif dari metode pembelajaran ini yaitu anak akan mengalami kesusahan dan tidak bisa bersosialisasi. Anak akan bersifat individualis dan merasa paling hebat dalam segala hal. Selain itu, anak tidak akan bisa mengontrol kemampuannya sendiri. Anak-anak yang menjalani metode pembelajaran homeschooling cenderung tidak bisa bergaul sehingga tidak akan memiliki banyak teman.

3. Anak tidak memiliki kemampuan untuk berkompetisi
Anak-anak yang mendapat metode pembelajaran homeschooling cenderung tidak akan bisa mengontrol dan mengukur kemampuannya sendiri. Kondisi tersebut akan membuat anak tidak bisa bersaing atau berkompetisi dengan orang lain.

Itulah dampak positif dan negatif dari homeschooling,sebaiknya Anda sebagai orangtua mempertimbangkan hal tersebut sebelum memilih metode pembelajaran untuk anak. Pada masa pertumbuhan, anak-anak tidak hanya membutuhkan pelajaran akan tetapi anak juga memerlukan lingkungan untuk bersosialisasi.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar