Selasa, 09 Juni 2015

Alasan Makanan Berserat Baik untuk Penderita Diabetes

Serat, atau fiber, adalah salah satu tipe dari karbohidrat. Serat merupakan karbohidrat kompleks, karena tidak dapat dihancurkan oleh sistem pencernaan tubuh, dan tidak menambah kalori sama sekali pada tubuh. Itulah mengapa konsumsi serat sangat sering disarankan oleh dokter, baik untuk mengatasi gangguan pencernaan, menurunkan berat badan, penderita kolesterol tinggi, maupun untuk penderita diabetes.

Bagi penderita diabetes, serat merupakan asupan yang sangat penting, khususnya dalam usaha untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. Pengobatan rutin, tidak akan berpengaruh banyak pada penderita diabetes jika tidak memperhatikan pola makanan dengan baik. Pemilihan makanan tentu saja sangat penting untuk mengatur kadar gula. Serat makanan ternyata sangat pas guna membantu untuk memetabolisme glukosa di dalam darah.

Berikut alasan mengapa serat memiliki peran yang penting untuk penderita diabetes: 
1. Mengubah bakteri usus 
Makanan berserat yang tinggi ternyata mampu mengubah susunan mikrobiosme yang membuat mikroba ini mampu mengonsumsi lebih banyak kalori.

2. Membuat produksi glukosa lebih sedikit 
Proses fermentasi di dalam tubuh memberikan responsif terhadap insulin agar mampu memproduksi glukosa yang lebih sedikti.

3. Membuat perut kenyang 
Menurut penelitian, makanan berserat akan membuat perut kenyang. Hal ini disebabkan makanan berserat memiliki bentuk yang lebih besar dibanding nutrisi lainnya. Makanan berserat juga mampu memperlambat perjalanan makanan.

4. Meningkatkan insulin 
Menurut penelitian, makanan berserat bisa menurunkan biomarke utnuk resistensi insulin. Hal ini disebabkan dengan adanya anti inflamasi yang berhubungan erat dengan kadar vitamin C reaktif dan sistemik serta fakta bahwa asam lemak rantai pendek bisa menciptakan resistensi insulin di dalam otot.

5. Memperlambat pelepasan glukosa 
Alasan ini disebabkan bahwa karbohidrat akan memakan waktu lebih lama untuk dipecah menajdi glukosa. Oleh sebab itu membuat glukosa akan lebih lama di lepaskan ke dalam darah.

6. Mengatur berat badan 
Peningkatan rasa kenyang bisa membuat lemak tidak berkembang dengan cepat. Sehingga tidak menimbulkan obesitas.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa kita perlu makan makanan berserat.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar