Selasa, 09 Juni 2015

Cara Alami Menghilangkan Panu dengan Cepat

Panu merupakan salah satu penyalit kulit yang bisa diderita oleh siapa saja. Panu disebabkan oleh jamur Pityrosporum Ovale. Panu merupakan penyakit kulit yang tidak berbahaya tetapi sangat mengganggu bagi kita karena panu merupakan salah satu hal yang dapat merusak penampilan kita. Panu biasa terlihat seperti berukuran kecil dan berwana putih, pink atau coklat tua berdasarkan warna kulit si penderita. Panu biasa terdapat pada bagian lengan, leher, dada, kaki, ketiak, lipatan paha, muka , kepala dan perut.

Panu biasanya menyerang pada bagian yang menghasilkan banyak keringat, daerah yang tertutup oleh pakaian dan pada daerah yang lembab. Panu juga dapat menyebabkan gatal serta dapat membuat penderitanya menjadi tidak percaya diri. Panu juga dapat membuat kulit gatal yang akan memunculkan kulit bersisik dan juga akan menurunkan produksi normal pigmen dikulit yang disebabkan oleh jamur malassezia.

Berikut beberapa cara alami yang bisa Anda terapkan untuk menghilangkan panu: 
1. Bawang putih 
Bawang putih dipercaya dapat menghilangkan panu yang diderita. Caranya cukup mudah yaitu Anda hanya tinggal mengiris bawang putih menjadi 2 bagian kemudian gosokkan bagian yang mempunyai getah ke bagian tubuh Anda yang terkena panu. Agar panu yang Anda derita cepat hilang maka lakukanlah hal ini dengan rutin yaitu pagi dan sore hari setelah mandi.

2. Menggunakan kunyit 
Kunyit tidak hanya dapat digunakan untuk bumbu masak saja, ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi panu. Caranya cukup haluskan kunyit sebesar kelingking, lalu haluskan. Oleskan kunyit yang sudah dihaluskan tersebut pada panu Anda. Lakukan cara ini 2 kali sehari, pagi dan malam hari.

3. Lidah buaya 
Lidah buaya yang dipercaya memiliki banyak khasiat ternyata memang benar adanya selain dapat menyuburkan rambut, menghilangkan bekas jerwat ternyata lidah buaya juga ampuh melawan iritasi kulit akibat ruam. Caranya cukup belah 1 batang lidah buaya menjadi 2 bagian, kemudian oleskan lender lidah buaya tersebut ke bagian tubuh Anda yang terkena panu. Tunggu hingga kering kemudian bilas dengan air hangat.

4. Sari cuka apel 
Berikutnya yang digunakan untuk menghilangkan panu yaitu sari cuka apel. Cukup campurkan 1 sendok teh sari cuka apel dengan secangkir teh kemudian oleskan cairan teh tersebut ke bagian kulit yang terkena panu.

5. Belimbing wuluh 
Meskipun hasilnnya cukup efektif namun sayangnya bahan alami yang satu ini cukup sulit ditemukan. Cara menggunakannya yakni dengan menumbuk belimbing wuluh secukupnya kemudian campurkan dengan air kapur sirih. Setelah itu oleskan campuran tersebut pada kulit yang terserang panu. Anda dapat menerapkan cara ini 2 kali sehari.

Bahan-bahan ini dapat Anda gunakan untuk menghilangkan panu, selain mudah didapat dan murah tentu saja bahan-bahan tersebut alami tanpa bahan kimia. Dan perlu diingat tetaplah menjaga kebersihan tubuh, sehingga perawatan yang telah Anda jalani ini tidak akan sia-sia.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar