Senin, 12 Januari 2015

Kebiasaan Ini Ternyata Berbahaya bagi Kesehatan

Setiap orang pasti memiliki kebiasaan buruk yang sulit hilang sejak masih anak-anak. Kebiasaan tersebut seperti mengisap jempol, suka menggerak-gerakan kaki, memutar-mutar rambut, dan menggigiti kuku. Sayangnya banyak dari Anda yang tidak menyadari bahwa kebiasaan tersebut mampu menimbulkan bahaya untuk kesehatan. Contohnya adalah kebiasaan menggigiti kuku.

Berikut bahaya kesehatan yang tersimpan dari kebiasaan menggigiti kuku: 
1. Infeksi kuku 
Menggigiti kuku mampu menimbulkan luka dan lecet baik di kuku maupun kulit di sekitar kuku. Sehingga Anda memberikan tempat baru bagi bakteri, dan mikroorganisme lainnya untuk bersembunyi dan berkembang biak. Mereka yang suka menggigiti kuku cenderung terkena paronychia yang merupakan infeksi kulit di sekitar kuku yang menyakitkan.

2. Masalah gigi 
Kebiasaan menggigiti kuku tidak hanya mempengaruhi kesehatan kuku Anda, namun juga gigi Anda. Gigi Anda bisa bergeser ke posisi yang salah, aus lebih awal, atau menjadi keropos dari waktu ke waktu. Menggigiti kuku juga dapat merusak susunan gigi Anda sehingga gigi atas dan bawah Anda menjadi tidak selaras.

3. Bakteri atau virus 
Kebiasaan menggigit kuku yang dilakukan secara konstan dapat menyebabkan bakteri atau virus menyebar dari kuku dan jari ke jari lainnya, atau ke bibir dan mulut. Ketika jari terus menerus basah karena air liur, hal ini dapat menyebabkan infeksi ragi di kuku dan herpes oral. Bakteri dan virus juga dapat menyebabkan kuku dan dasar celah-celah kecil kuku melemah. Kebiasaan menggigit kuku juga dapat menyebabkan jari menjadi bengkak bahkan berdarah, dimana bakteri melakukan perjalanan menuju aliran darah.

4. Timbul kutil 
Human papillomavirus (HPV) merupakan virus yang rentan mengenai orang yang suka menggigiti kuku. Hasilnya akan muncul di sekitar kuku Anda. Dan karena Anda suka menggigiti kuku, maka virus ini juga bisa menyebar ke mulut dan bibir Anda.

5. Menurunkan kualitas kesehatan Anda 
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sekitar 20%-30% orang yang mempunyai kebiasaan untuk menggigiti kuku, memiliki kualitas kesehatan yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak. Sebab efek dari kebiasaan ini akan membuat mereka rentan sakit karena masuknya bakteri, stres karena menahan sakit, dan masalah kesehatan lainnya.

Nah, sebelum semua hal di atas terjadi sama Anda, segeralah hentikan kebiasaan menggigit kuku. Selain merusak keindahan kuku, juga dapat membahayakan kesehatan Anda.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar