Senin, 12 Januari 2015

Cara Memupuk Rasa Optimis dalam Diri Anak

Optimis adalah suatu sifat yang baik karena orang yang optimis senantiasa memandang sesuatu dari sisi yang baik. Sifat ini pun memicu timbulnya sikap pantang menyerah dan menjadikan orang lebih tegar dan kuat menghadapi problematika hidup. Tentu baik jika anak Anda pun memiliki sifat dan sikap seperti ini. Anak dengan pribadi yang optimis selalu percaya bahwa dirinya melakukan sesuatu yang baik, sehingga anak tidak akan pernah takut untuk mencoba dan tidak takut gagal serta tidak cepat murung ketika melakukan kesalahan.

Sikap optimistik perlu dipupuk sejak dini dengan bantuan dari Anda sebagai orangtua dan pembimbing atau mentor untuk perkembangan diri anak Anda. Dalam mendidik anak menjadi pribadi yang optimis, Anda perlu memulainya dari diri Anda sendiri. Berikan contoh bagaimana bersikap optimis dengan menjadi pribadi yang optimis juga. Dengan begitu anak Anda akan mudah belajar dengan mengikuti dan meniru sikap optimis dari Anda.

Berikut cara mendidik anak Anda untuk bersikap optimis: 
1. Memberi pengertian 
Memberi pengertian sangat penting, terutama ketika anak Anda melakukan kesalahan. Jangan bersikap keras pada anak Anda jika Anda ingin anak Anda tumbuh menjadi pribadi yang optimis. Kita tentu sadar bahwa melakukan kesalahan adalah hal yang sangat manusiawi dan setiap orang melakukannya, karena tidak ada manusia yang sempurna yang bebas dari kesalahan.

2. Memberikan pujian 
Selalu beri pujian jika anak Anda melakukan sesuatu yang baik. Pujian adalah perkataan yang terlihat sepele namun sebenarnya sangat penting untuk Anda berikan, karena dengan memberi pujian anak Anda bisa bersemangat untuk melakukan hal hal baik lagi.

3. Ceritakan kisah tokoh terkenal 
Banyak kisah yang dapat Anda ceritakan mengenai sikap optimistik. Anda bisa mulai dari tokoh mana saja yang selalu pantang menyerah dalam mewujudkan cita citanya. Tokoh tokoh penemu merupakan teladan yang bagus untuk diceritakan pada anak Anda sehingga ia pun tahu dan mengerti pentingnya sikap optimistik dan pantang menyerah yang pasti dimiliki oleh para tokoh tokoh luar biasa tersebut.

4. Istimewakan anak 
Jangan pernah sekali sekali membandingkan anak Anda dengan anak-anak yang lain, karena hal itu hanya akan menjadikan si anak menjadi kurang percaya diri. Setiap anak istimewa, adalah kalimat yang harus Anda tanamkan baik baik dalam diri Anda dan anak anak Anda.

Kenali dan temukan bakat yang menonjol pada diri anak Anda untuk membuatnya merasa bangga dan memiliki nilai lebih di mata orang lain.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar