Senin, 05 Januari 2015

Hal yang Memicu Wasir

Wasir adalah benjolan disekitar lobang dubur (anus) atau saluran dubur akibat bendungan dan pelebaran pembuluh balik atau vena. Wasir adalah kelainan yang umum terjadi. Wasir seperti menjadi penyakit bagi orang-orang modern. Untuk ukuran saat ini, penyakit yang menyerang area anus tersebut sering dialami oleh orang-orang yang kerap bekerja di belakang meja. Mereka keseringan duduk terlalu lama yang akhirnya memicu pelebaran pembuluh darah di anus. Namun penyebab wasir atau ambeien sebenarnya beragam.

Berikut beberapa hal yang dapat memicu wasir: 
1. Obesitas. 
Orang yang tubuhnya gemuk memiliki tekanan besar pada tubuh bagian bawah, termasuk di sekitar anus. Hal ini dapat memicu pelebaran pembuluh darah yang menjadi biang ambeien.

2. Kurang minum. 
Jangan remehkan hal satu ini. Minum secara cukup akan membantu tinja lebih lunak. Artinya, tekanan pada dinding anus juga semakin kecil sehingga mencegah perlukaan. Kalau tinja mengeras akan sulit dikeluarkan. Akibatnya, dinding anus dapat terkoyak dan berujung dengan kemunculan ambeien.

3. Sedikit makan serat. 
Serat sama penting seperti air. Fungsinya turut menjaga agar tinja mudah dikeluarkan dalam bentuk yang tidak terlalu keras. Serat dari buah pepaya misalnya, dengan cepat mampu mengatasi sembelit dan melunakkan tinja. Serat dari berbagai jenis buah dan sayuran membantu mencegah ambeien.

4. Mengejan terlalu lama. 
Baiknya buang air besar dilakukan setiap hari. Namun perhatikan pada saat Anda mengejan. Pasalnya, kalau Anda mengejan lebih dari lima menit dan itu dilakukan secara terus menerus dapat memicu ambeien. Atau bisa jadi dalam anus sudah terdapat pelebaran pembuluh darah yang akhirnya menghambat laju kotoran. Jika sudah mengarah pada terjadinya pendarahan, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Jika belum terjadi ambeien, lakukan pencegahan untuk tidak mengejan terlalu lama dengan mengonsumsi makanan berserat.

5. Hamil. 
Sama seperti kasus obesitas, pada ibu hamil terjadi tekanan lebih besar di area anus. Banyak ibu hamil yang akhirnya juga mengalami ambeien karena pelebaran pembuluh darah.

6. Duduk terlalu lama. 
Duduk yang lama tanpa diimbangi gerakan sambil bediri memicu pelebaran pembuluh darah di anus. Tekanan pada pantat cukup besar saat seseorang duduk. Dalam jangka lama jika dijadikan kebiasaan bisa memicu wasir.

Jangan acuhkan dan remehkan penyakit wasir yang Anda derita karena Anda bisa dibuat menderita seumur hidup oleh wasir yang tidak ditanggulangi dengan baik. Semoga bermanfaat..

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar