Jumat, 21 November 2014

Manfaat Biji Sesawi untuk Kesehatan

Biji sesawi biasa dipakai sebagai bahan penyedap makanan. Di bagian benua Indian, biji sesawi bahkan langsung digoreng pada minyak; biji-biji itu cepat masak dalam minyak dan meletus menebarkan aroma dan rasa sedap pada minyak. Biji sesawi mengandung berbagai macam vitamin: A, Thiamin (B1), Riboflavin (Vit. B2), Niacin (Vit. B3), B6, Folate (Vit. B9), B12, C, E, K; juga mengandung protein, energi, karbohidrat, lemak, kalsium, zat besi, magnesium, phosphorus, potassium, sodium, zinc, dll. Biji-bijian telah lama dikenal sebagai makanan super sehat. Walaupun bentuknya kecil, namun biji-bijian kaya akan vitamin dan nutrisi yang mampu menyehatkan tubuh Anda secara keseluruhan. Salah satu jenis biji-bijian yang banyak dijumpai adalah biji sesawi atau yang mempunyai nama asing mustard seeds. Di balik bentuknya yang kecil dan berwarna hitam, biji sesawi tinggi akan manfaat untuk kesehatan.

Berikut beberapa manfaat mengonsumsi biji sesawi untuk kesehatan: 
1. Mencegah kanker 
Fitonutrien yang ada di dalam biji sesawi mampu mencegah bertumbuhnya sel kanker di kandung kemih, usus besar, dan mampu mencegah kanker serviks. Zat ini juga mampu mencegah terbentuknya sel kanker baru.

2. Menurunkan kolesterol 
Bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi, sebaiknya perbanyak konsumsi biji sesawi sebab biji ini mampu membersihkan plak yang muncul di arteri darah, mengatur sirkulasi darah, serta menurunkan tekanan darah Anda.

3. Meningkatkan kesehatan jantung
Biji sesawi baik dikonsumsi bagi penderita penyakit jantung, sebab biji ini mengandung asam lemak omega 3 dan nutrisi lain yang penting untuk kesehatan jantung.

4. Menurunkan berat badan 
Biji sesawi yang kaya akan beberapa vitamin B bermanfaat untuk mempercepat metabolisme tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan dengan lebih cepat.

5. Memperlambat penuaan dini 
Biji sesawi mengandung zat antioksidan flavonoid dan caretonoid yang mampu memperlambat penuaan dini serta menjaga agar kulit awet muda. Selain zat antioksidan, biji sesawi juga tinggi akan vitamin A, C, dan K.

6. Meringankan penyakit asma 
Biji sesawi kaya akan selenium dan magnesium yang memiliki sifat anti-inflamasi di dalamnya sehingga dapat meringankan penyakit asma.

7. Meningkatkan kesehatan pernapasan 
Selain mencegah asma, biji sesawi juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pernapasan dengan menyembuhkan beberapa penyakit pernapasan seperti pilek, batuk, sinus, dan bronkitis.

8. Mencegah sembelit 
Biji sesawi terkenal mengandung banyak serat dan zat lendir yang keduanya dapat meningkatkan sistem pencernaan serta meringankan sembelit.

Itulah manfaat di balik kecilnya biji sesawi untuk kesehatan tubuh Anda. Tertarik untuk mencoba?

sumber; kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar