Jumat, 21 November 2014

Hal Tidak Boleh Dilakukan Saat Anak Ngambek

Merasa kesal pada anak-anak adalah hal yang lumrah selama orang tua tidak berlebihan. Namun ada kalanya orang tua kehilangan kontrol sehingga mereka melakukan hal-hal yang tidak pantas. Meskipun tampak normal, sikap semacam ini seharusnya dihindari.

Berurusan dengan anak yang sedang ngambek atau marah seringkali menjadi hal yang cukup memusingkan bagi setiap orang tua. Sangat penting untuk mengetahui beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat anak Anda sedang marah.

Kontak Fisik 
Ini yang benar-benar harus dihindari. Jangan pernah melakukan kontak fisik dengan anak Anda saat dia sedang marah. Ini hanya akan membuat anak semakin frustasi bahkan trauma dengan orang tua.

Kata-Kata Kasar 
Sebagai orang tua menjadi contoh adalah hal yang wajib Anda lakukan. Jangan memberikan contoh buruk dengan mengatakan perkataan yang kasar saat mereka ngambek. Ini akan ditiru oleh mereka.

Jangan Emosional 
Hal paling buruk yang sering terjadi adalah orang tua menjadi sangat emosional ketika anak mereka ngambek. Anak-anak masih belum mengerti betul bagaimana cara meredam emosi. Mereka juga tidak memiliki pengetahuan dalam manajemen emosi. Untuk itu Anda harus lebih banyak mengalah dan mendengar keluhan mereka.

Mengancam Anak 
Hal terbodoh yang mungkin Anda lakukan adalah mengancam anak-anak Anda. Jangan pernah memberikan ancaman. Anak hanya akan semakin takut kepada Anda. Mengancam hanya akan membuat keadaan semakin buruk saja. Bersikap tenang dan bijak saat menghadapi anak yang marah akan jauh lebih baik.

Semoga bermanfaat.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar