Senin, 24 November 2014

Anak Beranjak Remaja? Ini Tips Menghadapinya

Nampaknya sangat mudah untuk mengatakan bahwa sebagai anak mereka harus mematuhi apa yangdikatakan atau diperintahkan oleh orang tuanya dan orang tua mempunyai wewenang untuk memerintah sang anak. Akan tetapi apa jadinya jika fenomena ini tertuju pada anak-anak kita yang sudah beranjak remaja?

Ketika anak masih kecil, mungkin benar jika kita sebagai orang tua mempunyai kontrol terhadap segala tindak tanduknya. Tetapi akan berbeda situasinya jika anak kita sudah remaja. Anak kita sudah mempunyai pilihan sendiri untuk bertindak. Menjadi orang tua adalah tugas yang sebenarnya berat untuk diemban setiap orang. Saat anak beranjak remaja tugas ini menjadi semakin menantang. Kali ini kesekolah.com akan menghadirkan tips untuk menghadapi anak yang beranjak remaja. Ayo simak tipsnya di sini.

*Anda harus menghindari mengatakan hal-hal yang memaksa mereka. Semakin Anda melarang mereka maka mereka akan penasaran dan mencoba untuk melanggar perintah Anda. Untuk itu cobalah untuk mengatakan kalimat-kalimat yang lembut dan lebih bisa masuk dalam pikiran mereka.

*Jangan sekali-sekali membandingkan anak Anda dengan anak lain. Ini akan menyakiti hati mereka. Anak remaja tidak suka dibandingkan dengan teman mereka. Yang harus Anda lakukan adalah menghibur dan selalu memberikan semangat pada mereka agar bisa lebih berprestasi.

*Jangan pernah memaksa atau membuat anak remaja berada dalam keadaan di bawah tekanan. Ini akan membuat mereka menjadi sosok yang memberontak dan semakin mempersulit Anda.

*Hindari mencurigai mereka. Masa remaja adalah masa yang krusial. Berusahalah untuk selalu memberikan kebebasan yang bertanggung jawab kepada mereka. Semakin remaja dikekang mereka akan merasa semakin tersiksa dan ingin memberontak.

Alangkah senangnya sebagai orang tua dapat mendampingi dan mengarahkan yang lebih baik ke pada anak-anak di setiap perkembangan hingga dewasa kelak. Semoga tips ini berguna bagi Anda.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar