Rabu, 27 Agustus 2014

Tips Mengatasi Saat Homesick Melanda

Semua pasti sudah mengenal apa itu Homesick dan tentu saja pasti pernah juga merasakan pengalaman tersebut. Homesick sendiri merupakan suatu keadaan dimana seseorang merasa menderita akibat terpisah dari lingkungan rumah, orang tua, atau hal-hal yang ada di sekitarnya. Saat Anda harus berada jauh dari rumah dan keluarga baik itu untuk melanjutkan sekolah maupun bekerja dalam jangka waktu yang lama, pasti Anda akan merasa sangat rindu dengan rumah atau biasa juga disebut homesick. Bulan-bulan pertama jauh dari rumah, biasanya menjadi waktu paling sulit untuk mengatasi homesick.

Homesick memang bisa dikatakan sangat wajar terjadi dan akan menyebabkan ketidaknyamanan bagi Anda yang belum terbiasa, namun yang harus diwaspadai adalah efek yang ditimbulkan jangan sampai menganggu kinerja Anda baik dalam melakukan tugas kantor maupun tugas belajar. Nah, jika saat Anda sedang berada jauh dari keluarga dan temam-teman serta merasakan homesick, ada baiknya Anda mencoba beberapa tips untuk menghilangkan rasa homesick.

Berikut beberapa tips mengatasi homesick yang bisa Anda lakukan: 
1. Cari Teman Baru 
Kehadiran seorang teman memang akan sangat membantu Anda yang kerap kesepian atau kebingungan ketika harus pindah ke tempat baru. Ia bisa menjadi teman curhat atau penolong ketika Anda jauh dari keluarga dan sahabat. Apalagi jika teman tersebut sudah lama tinggal di sana, Ia bisa menjadi guide sehingga Anda jadi lebih kenal daerah.

2. Mencari Kesibukan 
Jika belum menemukan seorang teman yang klik, sibukkanlah diri dengan kegitan yang positif. Daripada termenung sendirian, lakukanlah kegiatan yang Anda suka pada saat libur atau waktu luang. Bisa dengan berolahraga atau mengunjungi area wisata setempat. Mungkin saja, di sana Anda akan menemukan seorang kawan yang memiliki hobi atau ketertarikan yang sama.

3. Tetap Berhubungan 
Kangen orang tua, sahabat, atau pacar? Telepon saja. Kecanggihan teknologi jaman sekarang bahkan memungkinkan Anda bertatap muka melalui video call dengan keluarga atau teman-teman. Namun pastikan juga untuk tidak menggangu kegiatan mereka.

4. Bawa Barang-Barang Khas Rumah 
Untuk menghilangkan rasa homesick, bawa saja barang-barang yang mengingatkan akan rumah atau daerah seperti bantal kesayangan atau makanan khas kota Anda. Meski tidak bisa mengobati sepenuhnya, setidaknya rasa rindu bisa sedikit berkurang.

5. Jadikan Pengalaman Berharga 
Mungkin sekarang Anda berpikir bahwa hal in adalah sebuah masalah yang membebani. Namun pikirkan kembali, semua kesusahan yang Anda hadapi dapat menjadi pengalaman dan pelajaran yang berharga suatu hari nanti. Hal ini bisa membuat Anda lebih kuat dan lebih tegar dalam menghadapi tantangan selanjutnya dalam hidup Anda.

Jika Anda merasakan homesick upayakan untuk melaukan hal-hal di atas untuk mengurangi kejenuhan. Biasanya kejenuhan tersebut tidak akan bertahan lama. Cepat atau lambat Anda akan memperoleh hal-hal menarik lainnya yang akan menjadikan betah di tempat tersebut.

Sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar