Kamis, 25 Februari 2016

Khasiat Tauge untuk Kesehatan Tubuh

Siapa yang tidak kenal dengan tauge? Walaupun bentuknya kecil, tauge ini memiliki khasiat yang sangat besar untuk kesehatan. Tauge mengandung nilai gizi yang tinggi, harganya pun sangat murah dan mudah didapat. Makanan yang terbentuk melalui proses berkecambah kacang-kacangan ini ternyata bisa mencengah berbagai macam penyakit. Tauge ini seringkali dijadikan olahan sayur yang serba guna, seperti pengolahan sayur sup, untuk lalapan pecel, hingga ditumis dengan beberapa menu yang lain, misalnya tahu dan tempe. Mengkonsumsi tauge pun bukan hanya baik bagi tubuh, tapi juga memberikan khasiat yang diperlukan bagi tubuh.
Menjaga kadar asam lambung
Asam pada lambung yang terlalu berlebih dapat menimbulkan resiko yang lebih parah lagi, yakni bisa menyebar kerusakan pada sistem organ tubuh yang lainnya. Bahkan pada keadaan seperti membuat pola makan seseorang tidak dapat lebih leluasa karena menjadikan iritasi pada lambung bilamana salah makan. Pada kondisi seperti ini, Anda bisa mengkonsumsi tauge sebagai penetral asam pada lambung. Kandungan yang dimiliki oleh tauge ini mampu menjaga kadar asam lambung hingga normal atau senantiasa seimbang.

Menjaga kesehatan tulang
Tauge ini mempunyai senyawa yang disebut estrogen alami, dimana unsur ini akan berperan sebagai proses sintesis yang alami tanpa menimbulkan efek samping. Selain itu, pada estrogen ini bisa dimanfaatkan sebagai zat yang dapat memperkuat tulang dan menjadikannya tetap padat dan sehat. Mengkonsumsi kecambah ini juga cocok bagi Anda yang ingin terhindar dari osteoporosis atau tulang yang keropos. Bisa pula dijadikan sebagai ramuan alami untuk resiko ini agar dapat sembuh tanpa efek samping.

Menjaga untuk tetap awet muda
Tampil dengan suasana yang terlihat awet muda merupakan salah satu impian dari para wanita, sekalipun usianya sudah tidak muda lagi. Untuk mendapatkan sisi awet muda ini bisa diperoleh dengan mengkonsumsi tauge dalam kondisi mentah yang telah dicuci hingga bersih. Sebab, di dalam tauge ini tersimpan zat antioksidan yang berperan dalam memperlambat masa penuaan.

Manfaat untuk kecantikan bagi wanita
Bagi Anda para wanita yang ingin tampil cantik secara alami, tauge ialah salah satu bahan yang harus digunakan. Karena tauge ini dapat digunakan untuk beberapa hal, seperti menghilangkan jerawat dan bekasnya, menyuburkan serta menjaga kesehatan rambut, menghaluskan kulit wajah dan tangan serta meremajakan kulit.

Meningkatkan kesuburan
Keadaan subur pada pria dan wanita mempermudah baginya untuk memiliki keturunan. Seperti halnya ada peran dari kandungan Vitamin E pada tauge ini yang memberikan kesuburan lebih baik bagi pria dan wanita. Selain itu, tauge membantu para wanita yang mengalami gangguan pada saat menstruasi, pra menstruasi, menopause dan pramenopause.

Itulah beberapa khasiat tauge bagi kesehatan. Jadi, jangan memandang sebelah mata terhadap makanan ini walaupun kelihatannya kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar