Rabu, 27 Januari 2016

5 Kebiasaan Sehat yang Bisa Dilakukan Setiap Hari

Kesehatan tubuh seseorang memang dipicu dari kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Ketika mereka memiliki kebiasaan yang sehat, maka tubuhnya juga makin bugar, dan kekebalan tubuh juga terjaga. Sementara bagi mereka yang terbiasa dengan hal-hal yang kurang sehat, maka bukan tidak mungkin jika menjadi lebih lemah dan sering terserang penyakit. Membiasakan diri untuk mendapatkan tubuh yang sehat sebenarnya bisa dilakukan secara mudah. Tidak harus menyita banyak waktu untuk mendapatkan kesehatan tubuh melalui kebiasaan dalam keseharian kita.
Berikut kebiasaan sehat yang mudah dilakukan setiap hari:
1. Minum air putih

Salah satu hal sehat dan sederhana untuk bisa dilakukan setiap hari adalah dengan minum air putih yang cukup. Alasannya karena sebagian besar dari kita tidak biasa untuk minum air putih yang cukup. Cobalah untuk minum setidaknya 8 gelas air setiap hari. Anda hanya perlu melakukannya secara rutin dan teratur, misalnya 2 gelas masing-masing untuk pagi, siang, sore, dan malam hari.

2. Membuat makanan sehat
Kesehatan adalah investasi berharga dan akan berlangsung seumur hidup Anda. Kesehatan tidak bisa diperoleh dalam waktu semalam dan butuh proses apalagi jika sebelumnya Anda adalah orang yang memiliki pola makan dan pola hidup tidak sehat. Oleh karena itu mulailah membiasakan diri Anda untuk membuat makanan sehat pilihan Anda. Makanan sehat tidak selalu berasal dari jenis bahan makanan yang mahal dan langka. Mulailah membuatnya dari bahan makanan yang paling mudah Anda temui di sekitar Anda.

3. Rajin berolahraga
Rajin berolahraga memiliki peran yang penting untuk kesehatan tubuh serta bisa membuat Anda merasa lebih bahagia sehingga hal itu akan membantu Anda dalam mengembangkan sikap hidup yang lebih positif. Selain itu, olahraga akan membantu Anda dalam mempertahankan berat badan yang ideal. Oleh karena itu, rajinlah berolahraga setiap hari meski pun itu hanya sekedar berjalan kaki selama 30 menit mengitari lingkungan tempat tinggal Anda. Lakukanlah di pagi hari di saat udara masih segar dan dapatkan energi yang baru di setiap harinya.

4. Bersikap positif
Anda mungkin tidak berpikir ini bahwa bersikap positif akan memberikan dampak besar pada kesehatan Anda. Padahal memiliki sikap positif dapat membantu Anda untuk memiliki kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan. Ini dapat membantu dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan jantung Anda. Memiliki sikap positif mungkin menjadi sesuatu yang bisa membawa Anda mencapai sesuatu yang lebih baik jika Anda senantiasa menjaganya.

5. Istirahat yang cukup
Bisa dikatakan bahwa sebagian besar dari kita tidak mendapatkan tidur malam yang cukup. Sebagian dari kita sering tidur terlambat dan bangun pagi-pagi. Untuk itu mulailah mencoba untuk mendapatkan setidaknya 7-8 jam tidur setiap malam. Anda mungkin menemukan bahwa Anda tidur lebih baik di malam hari jika Anda mengambil waktu untuk bersantai sebelum tidur. Sebaiknya Anda mematikan handphone sebelum tidur, dan menggantinya dengan membaca atau mandi air hangat. Hal ini dapat membuat Anda lebih mudah untuk tertidur.

Jadi, sudahkah Anda melakukan kebiasaan sehat ini setiap hari?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar