Selasa, 08 September 2015

Tips Ampuh Mengatasi Stres Ditempat Kerja

Pekerjaan di kantor yang tidak ada habisnya dan lingkungan kerja yang tidak sesuai dengan kepribadian Anda terkadang membuat Anda merasa tertekan, bahkan hingga menimbulkan stres yang berkepanjangan. Oleh karena itu, Anda harus pandai dalam menyikapi hal-hal tersebut agar tidak mengganggu performa Anda dalam bekerja dan tidak mengganggu pikiran maupun kehidupan pribadi Anda. Dan bukan tidak mungkin, jika tidak ditangani dengan cepat tingkat stres Anda yang semakin besar akan berakibat fatal. Dimulai dari menurunnya kinerja kerja sampai keluarnya dari perusahaan tempat Anda bekerja, akibat tekanan dalam pekerjaan yang membuat tingkat stres bertambah.

Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi stres ditempat kerja: 
1. Tarik nafas dalam-dalam 
Pertama yang bisa Anda coba ketika stres dipekerjaan menghampiri adalah bernafaslah dalam-dalam. Karena pada saat stres, tubuh Anda cenderung bernafas lebih cepat dari biasanya. Cara ini dapat membuat tubuh Anda rileks dan mengurangi tingkat stres. Cobalah lakukan cara ini berulang kali.

2. Lakukan olahraga kecil 
Melakukan perenggangan tubuh saat bekerja dapat membantu Anda untuk melancarkan peredaran darah keseluruh bagian tubuh, juga otak. Lakukan sedikit olahraga jika tubuh dan pikiran Anda lelah dan jenuh dengan pekerjaan. Hal ini tidak hanya dapat membuat Anda lebih rileks namun juga membuat menurunkan tingkat stres Anda akan pekerjaan

3. Mendengarkan musik 
Tahukah Anda salah satu ciri orang jenius adalah senang mendengarkan musik. Karena dengan mendengarkan musik selain menjadi lebih rileks, mendengarkan musik juga dapat mengurangi tingkat stres. Seperti penelitian yang dilakukan Dr. Teresa Lesiuk mengenai pengaruh musik pada pekerjaan, ia menemukan bahwa orang yang mendengarkan musik mampu memenuhi tugasnya lebih cepat dan memiliki ide-ide lebih baik. Salah satu penyebabnya adalah karena musik meningkatkan mood.

4. Manfaatkan waktu istirahat 
Memanfaatkan waktu istirahat salah satu cara mengurangi stres ditempat kerja. Saat istirahat tiba, sempatkan diri Anda untuk keluar kantor mencari jajanan atau sekedar nongkrong ditempat makan bersama rekan kerja. Selain mambantu membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja, kegiatan ini juga dapat membuat Anda sejenak melupakan rutinitas pekerjaan dan tekanan yang mungkin sedang Anda hadapi.

5. Jangan menunda pekerjaan 
Sering kali tidak sadar bahwa dengan menunda pekerjaan justru menjadi pemicu stres ditempat kerja. Semakin sering menunda pekerjaan, akan semakin menumpuk pekerjaan Anda nantinya. Kerjakanlah pekerjaan dengan segera, buatlah dafar prioritas pekerjaan. Dengan begitu akan membantu Anda bekerja secara efektif dan disiplin. Pekerjaan yang lebih cepat selesai akan membuat otak dan hati lebih nyaman karena tidak harus terbebani dengan banyaknya pekerjaan yang belum terselesaikan.

6. Motivasi diri 
Salah satu cara untuk mengembalikan mood Anda saat bekerja setelah stres dengan banyaknya pekerjaan dikantor adalah dengan memotivasi diri sendiri. Caranya, ingatlah apa yang menjadi motivasi awal Anda bekerja dulu. Entah itu rencana masa depan seperti melanjutkan pendidikan, menabung untuk biaya pesta pernikahan ataupun rencana membangun sebuah usaha yang telah Anda impikan sejak dulu. Ingatlah harapan-harapan indah Anda ketika stres dipekerjaan datang menghampiri.

Semoga bermanfaat bagi Anda.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar