Senin, 22 Juni 2015

Berjalan Tanpa Alas Kaki Banyak Manfaatnya Lho!

Berjalan tanpa alas kaki mungkin untuk beberapa orang dianggap berbahaya. Pasalnya selama ini alas kaki memang digunakan untuk melindungi kaki dari hal-hal yang bisa melukai kulit. Misalnya saja pecahan kaca, pecahan gelas, paku berkarat, duri, kerikil tajam dan sebagainya. Selain itu penggunaan alas kaki juga membantu melindungi kaki dari kuman, kotoran maupun bakteri yang ada di jalanan.

Anjuran untuk menggunakan alas kaki memang tidak sepenuhnya salah. Namun ada baiknya juga sesekali waktu menyempatkan diri untuk berjalan tanpa menggunakan sandal ataupun sepatu. Orang-orang zaman dahulu juga tidak menggunakan alas kaki secara terus menerus. Itulah mengapa usia mereka bisa lebih panjang. Meskipun hal tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki sebenarnya menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Hanya saja belum banyak orang yang mengetahuinya.

Berikut beberapa manfaat dari berjalan tanpa alas kaki: 
1. Membantu menetralkan radikal bebas. Radikal bebas bisa menyebabkan fungsi hormon maupun organ tubuh terganggu. Sehingga bisa menyebabkan berbagai penyakit.
2. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan keseimbangan tubuh dan membantu memperlancar sirkulasi darah pada tubuh.
3. Anda memiliki kesulitan untuk tidur? Tidak ada salahnya membiasakan diri untuk berjalan tanpa menggunakan alas kaki.
4. Mempertajam penglihatan. Dengan berjalan kaki tanpa menggunakan alas, Anda membantu mata mempertajam penglihatannya. Di bagian kaki, terdapat syaraf yang berhubungan dengan mata dan saat syaraf tersebut ditekan, maka akan terjadi pemulihan yang menyehatkan mata Anda.
5. Mampu membantu melancarkan peredaran darah sehingga membantu mengurangi stres. Stres karena terlalu banyak pikiran tentu akan menganggu aktifitas. Jika Anda mengalaminya, tidak ada salahnya meluangkan waktu di taman atau tempat yang berumput atau berbatu untuk berjalan-jalan.
6. Mampu membantu proses penyembuhan trauma, luka, dan berbagai jenis penyakit lainnya seperti flu, jantung, kanker, dan lainnya. Hal ini tidak lain karena ketika berjalan kaki tanpa menggunakan alas membuat kaki langsung menyentuh tanah atau batu sehingga telapak kaki seperti dipijat dan peredaran darah pun lebih lancar.

Jadi, mulai sekarang usahakan untuk berjalan tanpa alas kaki di halaman rumah atau ketika kita mengunjungi taman atau pantai. Lakukan selama 60 menit, keuntungan lebih besar akan didapat. Jika Anda khawatir bisa melukai kaki Anda, tidak ada salahnya membuat tempat khusus dari batu-batu kecil dan halus yang disusun rapi di bagian halaman rumah Anda.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar