Kamis, 07 Mei 2015

Mengetahui Alasan Kenapa Pendidikan Itu Penting

Sebagai orangtua mempunyai peranan yang sangat vital dalam mendidik anak dengan baik. Salah satu alasan kenapa orang tua mempunyai peran penting dalam mendidik anak agar menjadi anak yang pintar adalah karena hal itu merupakan kewajiban orang tua kepada anak. Pendidikan merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Selama manusia hidup, pendidikan itu dibutuhkan. Namun, dalam kehidupan nyata tidak semua anggota masyarakat yang menyadari urgensi pendidikan. Tidak heran bila tingkat buta huruf di negara kita masih besar terutama di kampung-kampung. Selain itu, juga tidak aneh bila kita mendengar ada orang tua yang melarang anaknya sekolah karena berbagai alasan.

Berikut beberapa alasan pentingnya pendidikan dalam kehidupan kita: 
1. Membentuk kepribadian yang baik 
Meskipun tidak menjamin, jika seseorang menghayati nilai-nilai pendidikan yang ia peroleh dan mengamalkannya dalam kehidupan, kepribadiannya akan terbentuk lebih baik. Orang yang berpendidikan lebih sopan, memegang etika, percaya diri, optimis, berpikir positif dan sebagainya.

2. Menaikkan harkat dan martabat 
Sudah tidak asing bila masyarakat menilai seseorang berdasarkan ukuran dan standar tertentu. Salah satunya adalah melalui pendidikan. Orang yang berpendidikan dianggap memiliki kharisma serta kedudukan yang lebih tinggi dan sebaliknya. Perlakuan orang terhadap seseorang yang tidak memperoleh pendidikan dengan mereka yang mengenyam pendidikan juga berbeda.

3. Mengeluarkan dari kebodohan 
Fungsi utama pendidikan yang sering kita dengar adalah membentuk manusia yang cerdas. Melalui pendidikan, seorang yang awalnya tidak mengetahui apa-apa menjadi mengetahui banyak hal, yang mulanya tidak paham menjadi paham. Dengan kata lain, pendidikan secara tidak langsung telah mengeluarkan seseorang dari kebodohan. Tidak heran bila ilmu itu diibaratkan seperti cahaya yang menerangi malam yang gelap gulita.

4. Terhindari dari penipuan dan eksploitasi 
Para penjahat kebanyakan menjadikan orang-orang yang bodoh dan kurang pendidikan sebagai target mereka. Mengapa demikian? Karena menurut mereka, orang yang miskin pendidikan akan lebih mudah dirasuki dan dieksploitasi. Mereka akan menyerah tanpa perlawanan dan mereka mudah ditaklukkan. Pendidikan memungkinkan seseorang berpikir lebih baik, logika atau penalarannya lebih terasah serta mengenal lebih banyak kepribadian. Dengan hal inilah mereka bisa terhindari dari niat buruk orang lain.

5. Bekal mendidik generasi lebih cemerlang
Setiap pribadi nantinya akan menjadi orang tua bagi anak-anaknya. Ketika seseorang tidak memiliki pengetahuan, bagaimana mereka bisa menjaga, merawat dan membimbing generasi mereka lebih baik. Pendidikan itu penting sebagai modal untuk menjadi orang tua yang bertanggungjawab di masa depan.

6. Modal untuk bersaing dalam berkarya 
Salah satu hal yang tidak kalah penting dari pendidikan adalah sebagai modal untuk bersaing dalam berkarya dan bekerja. Sebagian besar orang, baik disadari atau tidak telah menjadikan pendidikan sebagai tujuan untuk mendapatkan pekerjaan. Meskipun pendidikan tidak menjamin seseorang akan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, tapi pengaruh pendidikan terhadap kesempatan dan peluang bekerja juga tidak bisa dipungkiri.

Mendapatkan pendidikan tidak harus di lembaga formal. Jadi, jangan putus asa jika Anda kekurangan biaya atau kondisi tubuh yang tidak memungkinkan. Belajar itu bisa dilakukan dimana dan kapan saja. Menuntut ilmu juga tidak berhenti setelah kita selesai sekolah atau kuliah karena menuntut ilmu itu merupakan proses panjang yang harus dilakukan selama kita masih hidup.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar