Rabu, 13 Mei 2015

Cara Gampang Melatih Daya Ingat Anak

Semua orang tua tentunya ingin memiliki anaknya pintar atau memiliki daya ingat yang kuat. Dengan memiliki daya ingat yang kuat tentunya orang tua mengharapkan anaknya akan mudah menyerap pelajaran di sekolah namun selanjutnya tidak mudah lupa kembali. Namun untuk mewujudkan semua itu diperlukan usaha dan asupan nutrisi yang tepat. Pada dasarnya kecerdasan seorang anak dipengaruhi oleh faktor genetik, nutrisi dan latihan sebagai stimulasi dasar. Pada umumnya cara yang dianjurkan dalam melatih daya ingat anak adalah cara sederhana yang mudah untuk dilakukan.

Berikut beberapa cara gampang melatih daya ingat anak: 
1. Latih anak untuk berkomunikasi dengan baik 
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan dalam melatih daya ingat anak yaitu dengan menerapkan kebiasaan untuk mengajarkan anak untuk membangun komunikasi yang baik. Pertama-tama bisa dimulai dari hal kecil seperti menanyakan seputar kegiatan dan aktivitas anak diluar rumah. Dengan begitu anak akan terstimulus dan terpancing untuk mengingat kembali apa yang telah dilakukannya.

2. Bacakan buku cerita untuk anak 
Cara selanjutnya untuk melatih dan meningkatkan daya ingat anak yaitu dengan membacakan buku cerita. Cara ini ternyata bisa memberikan dampak positif dalam melatih daya ingat anak. Bacakan buku cerita pada anak sebelum tidur atau disela-sela waktu istirahatnya. Anda bisa membacakan satu buku cerita secara berulang sehingga lama kelamaan anak akan mengingatnya. Kemudian beri kesempatan anak untuk mengucapkan apa yang diingatnya dari buku tersebut.

3. Bermain sambil belajar 
Metode yang satu ini dianggap paling efektif untuk melatih daya ingat anak. Belajar sambil bermain lebih disukai oleh anak-anak pada umumnya. Salah satu permainan yang bisa merangsang daya ingat anak yaitu permainan melempar karet gelang. Caranya sebelum anak melempar karet tersebut perintahkan pada anak untuk menghitung setiap karet yang dilemparnya. Kemudian setelah itu tanyakan kembali pada anak berapa jumlah karet yang dilemparnya. Cara ini akan membuat anak terstimulus untuk berusaha mengingat.

4. Memperkenalkan huruf dan angka pada anak 
Melatih memori anak dengan huruf dan angka merupakan salah satu metode yang akan memberikan banyak manfaat bagi anak. Anda bisa memperkenalkan huruf dan angka melalui nyanyian atau gambar. Perkenalkan satu persatu huruf pada anak secara berulang kemudian perintahkan anak menyebutkannya satu persatu. Metode seperti ini juga bisa dijadikan sebagai langkah awal untuk belajar berhitung dan membaca.

5. Terapkan sikap disiplin pada anak 
Kedisiplinan adalah salah satu cara untuk merangsang daya ingat anak. Latihan sederhana ini bisa dimulai dari hal-hal yang paling mudah seperti membiasakan anak untuk menaruh barang-barang atau mainan miliknya di tempat semula. Dengan begitu anak akan mengingat posisi semula dan tempat barang itu berada. Selain itu, anak juga akan lebih terorganisir dalam hal kehidupannya. Cara ini mungkin terlihat sepele akan tetapi akan memberikan dampak positif dalam melatih daya ingat anak.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar