Senin, 09 Februari 2015

Kebiasaan Ini Bisa Bikin Panjang Umur

Semua orang tentu menginginkan kesehatan dan usia yang panjang. Namun usia yang panjang saja tidak bisa didapatkan dengan cara instan. Usia yang panjang didapatkan dengan menerapkan pola makan dan gaya hidup yang benar dan sehat. Memiliki usia yang panjang berarti Anda harus bisa mencegah berbagai macam penyakit serius seperti diabetes, penyakit jantung, dan lainnya.

Berikut kebiasaan baik yang bisa dilakukan agar kita panjang umur: 
1. Tetaplah Bergembira 
Orang yang selalu bergembira, kadar hormon kortisol penyebab stres, pada diri mereka menjadi rendah. Di samping itu juga terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi dan stroke.

2. Makan Kacang-Kacangan 
Orang yang rutin makan kacang-kacangan, seperti almond dan kacang mede, akan menurunkan risiko terkena penyakit jantung, diabetes, kanker, dan penyakit paru-paru.

3. Kurangi Duduk di Depan Komputer 
Duduk lama di depan komputer, lebih dari 6 jam, akan membuat Anda mudah terkena penyakit, daripada yang hanya duduk di depan komputer selama tiga jam. Usahakan berdiri sejenak, kemudian lakukan peregangan otot.

4. Olahraga 
Dengan berolahraga, tubuh akan memproduksi hormon endorphin lebih banyak. Hal ini membuat Anda jarang stres dan lebih segar.

5. Tidur yang cukup 
Kurang tidur dan istirahat dapat memperpendek umur. Kebiasaan tidur yang kurang dari tujuh sampai delapan jam akan meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, diabetes, dan obesitas. Sebaiknya, perhatikan keseimbangan antara bekerja dan istirahat.

6. Hindari Rokok 
Hindarilah merokok dan asap rokok, karena dua-duanya tidak menyehatkan.

Lakukan hal-hal di atas setiap hari dan jaga pola hidup serta pola makan yang sehat. Jangan lupa, jika mengalami situasi yang dapat menyebabkan stres, hendaklah ambil nafas panjang. Tenangkan diri Anda.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar