Rabu, 28 Januari 2015

Buah dan Sayuran yang Tidak Perlu Dikupas Kulitnya

Kulit memang merupakan bagian tubuh yang paling luar artinya yang pertama kali bersentuhan dengan dunia luar, seperti udara, debu, air, dan sebagainya. Begitu juga dengan buah-buahan dan sayuran. Kulit buah juga demikian, berada paling luar yang melindungi tubuh bagian dalamnya. Karena kulit merupakan bagian paling luar, tidak jarang muncul anggapan bahwa kulit buah atau sayuran itu kotor atau tidak lebih baik dari isi bagian dalamnya. Sehingga bila ingin mengonsumsi buah atau sayuran dianggap lebih baik dengan cara mengupas kulitnya terlebih dahulu.

Sering kita mendengar anjuran, jangan lupa konsumsi banyak buah dan sayuran. Tapi terkadang tidak memperhatikan cara pengolahannya yang baik dan benar, sehingga kita tidak bisa mendapatkan manfaat besar dari buah dan sayuran tersebut. Seorang ahli nutrisi Katie Cayuto, R.D., menjabarkan beberapa jenis buah dan sayuran tertentu yang sebaiknya tidak dikupas saat akan dikonsumsi.

1. Kentang 
Ternyata 20 persen nutrisi kentang seperti vitamin B dan mineral kelumit ada dalam kulit kentang. Kandungan seratnya pun ada dalam kulitnya. Jadi, ketika Anda akan mengolah kentang, cukup bersihkan saja kulitnya tanpa harus mengupasnya.

2. Terong 
Kulit terong mengandung phytonutrient yang disebut nasunin, antioksidan ampuh yang dapat mengatasi kerusakan kulit karena penuaan atau penyakit.

3. Ubi 
Kandungan nutrisi ubi berada di kulitnya. Kulit ubi mengandung vitamin C, kalium, dan betakaroten.

4. Mentimun 
Kulit mentimun mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan imun tubuh serta serat. Kandungan seratnya juga dapat mencegah konstipasi.

5. Wortel 
Semua kandungan antioksidannya berada tepat di bawah kulit wortel. Jadi Anda cukup mencuci wortel tanpa harus mengupasnya jika akan mengolahnya.

6. Apel 
Kulit apel kaya akan serat, sehingga jika kita mengonsumsi buah ini tanpa mengupas kulitnya, kita akan merasa cepat kenyang dan pencernaan pun lancar. Kulit apel kaya akan quercitin, vitamin C, dan triterpenoid yang dapat melawan kanker.

Jadi, bila kita mengonsumsi jenis buah dan sayuran di atas dengan mengupas kulitnya, maka sama saja membuang manfaat besarnya yang mereka miliki. Jadi, cukup membersihkan kulitnya dengan mencucinya sebersih mungkin sebelum Anda makan atau mengolahnya untuk masakan.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar