Kamis, 20 November 2014

Tantangan Membesarkan Anak di Era Digital

Setiap zaman punya tantangan masing-masing, setiap perubahan, sekalipun membawa kemajuan, juga akan mempunyai dampak negatif. Membesarkan anak di era informasi ini tantangannya juga tidak kalah mengerikan. Kalau sebagai orang tua tidak pandai-pandai mengantisipasinya, anak-anak bukan menjadi ahli atau pengguna teknologi informasi tapi jadi korbannya. Teknologi yang semakin maju dan perkembangan dunia digital yang semakin pesat ternyata memberikan tantangan baru bagi para orang tua. Membesarkan anak di era digital ini terbilang berat. Sebagai orang tua, selain harus bisa mengikuti perkembangan teknologi, kita juga perlu memiliki siasat baru dalam mengasuh anak.

Ada beberapa hal yang akan dialami anak-anak yang tumbuh di era digital ini. Dan sebagai orang tua, kita perlu mengetahui tantangan besar yang harus kita hadapi saat membesarkan anak di era digital yang semakin mengglobal ini.

1. Anak-Anak Tidak Belajar Melalui Interaksi Tatap Muka Langsung 
Bagaimana cara bayi belajar berekspresi dan mengeluarkan emosi? Bagaimana cara mereka mulai mempelajari bahasa? Mereka melakukannya dengan melihat ekspresi wajah orang tua dan mereka jadi makhluk sosial dengan memiliki sejumlah kemampuan penting ketika sudah masuk sekolah. Sayangnya, banyak orang tua saat ini yang lebih banyak menghabiskan waktunya dengan gadget mereka. Sehingga waktu yang tersisa untuk anak-anak jadi semakin sedikit. Anak-anak pun jadi kesulitan untuk belajar melalui interaksi langsung dengan orang tuanya.

2. Kemampuan Membaca Anak-Anak Bisa Menurun 
Sebuah studi yang dilakukan oleh Schugars dari West Chester University mengungkapkan bahwa pemahaman membaca anak-anak bisa terpengaruh. Penelitian mereka memperlihatkan bahwa anak-anak yang membaca buku cetak memiliki pemahaman yang lebih baik dibandingkan anak-anak yang hanya menggunakan buku eletronik (e-book). Salah satu penyebabnya adalah ketika membaca buku elektronik, perhatian anak-anak lebih terfokus pada fitur visual dan bukan pada teks bacaan.

3. Anak-Anak Butuh Lebih Banyak Waktu untuk Didampingi 
Orang tua harus berhati-hati agar anak-anak tidak kecanduan internet. Sebagai orang tua, Anda harus meluangkan waktu untuk mendampingi mereka ketika mereka mengakses dunia maya. Banyak situs yang kurang sesuai untuk anak-anak. Selain itu, Anda juga sudah harus bisa memberikan pendidikan dan pemahaman tentang penggunaan internet yang sehat sejak dini kepada anak-anak Anda.

Banyak kemudahan yang kita dapatkan di era digital ini. Tapi tantangan baru pun akan terus bermunculan. Dan tugas sebagai orang tua untuk mendidik anak pun bisa terasa lebih berat saat ini.

 sumber:  kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar