Senin, 21 Juli 2014

Tips Menghilangkan Pikiran Negatif dari Kepala Anda

Apakah Anda sering mempunyai pikiran negatif? Mungkin utnuk sebagian orang berpikir negatif mungkin sudah menjadi kebiasaan dan bagian dari kehidupan. Ketika kenyataan yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Pikiran negatif dengan begitu mudahnya muncul dalam benak kita.

Namun sadarkah Anda? Pikiran negatif tidak akan pernah menguatkan Anda, dan justru akan memperburuk perasaan Anda dan pada akhirnya membawa Anda ke dalam jurang kegagalan. Sangat penting bagi kita untuk memiliki kemampuan dalam mengatasi dan menghilangkan pikiran-pikiran negatif tersebut. Memang cukup sulit dan perlu dibiasakan, karena terkadang pikiran-pikiran negatif tesebut muncul begitu saja tanpa sebab yang jelas.

Berikut beberapa tips menghilangkan pikiran negatif yang bisa Anda praktikkan: 
1. Ubah Cara Pandang Anda 
Ketika sesuatu tidak berjalan sesuai dengan rencana. Carilah cara untuk melihat hal tersebut dari sudut pandang yang lebih positif. Temukan hal-hal positif dari kejadian tersebut. Kemudian bersyukurlah. Di dalam setiap tantangan terdapat keuntungan, dan dalam setiap keuntungan terdapat tantangan.

2. Jangan Terus Berdiam Diri 
Telusuri dan temukan hal apa yang bisa membuat Anda berpikiran negatif. Kemudian perbaiki dan atasi dan kembalilah maju. Jika hal tersebut tidak bisa Anda diperbaiki janganlah mengeluh dan menyesal. Mengeluh dan menyesal hanya akan membuang waktu dan menghabiskan energi Anda. Terima dan hadapi apa yang telah terjadi, petiklah hikmah dan ambil pelajaran dari hal tersebut.

3. Katakan Hal Positif Pada Diri Anda Sendiri 
Selalu katakanlah pada diri Anda bahwa Anda adalah seorang yang kuat, bahwa Anda mampu, dan tidak mudah putus asa. Katakanlah hal tersebut berulang-ulang pada diri Anda ketika Anda mulai bangun tidur dan ketika Anda menjalani hari. Tidak peduli apakah hari itu Anda harus mengambil sebuah keputusan yang sulit atau Anda tidak mempercayai apa yang telah Anda katakan pada diri sendiri.

4. Hiduplah di Saat Ini 
Salah satu hal yang sering membuat kita cemas adalah terlalu memikirkan masa lalu atau masa depan. Masa lalu biarlah berlalu dan jadikan pelajaran. Masa depan adalah ketidakpastian. Jangan membuat diri Anda menderita dengan kegagalan di masa lalu dan ketakutan akan masa depan. Hidup Anda adalah sekarang dan saat ini. Sadarilah hanya masa kini yang dapat kita kontrol.

5. Hadapi Rasa Takut Anda 
Perasaan negatif muncul dari rasa takut. Semakin takut Anda akan hidup, semakin banyak pula pikiran negatif yang muncul dalam diri Anda. Jangan biarkan diri Anda di kuasai oleh rasa takut. Jika Anda takut akan suatu hal, lakukan hal itu. Hidup adalah pilihan. Rasa takut adalah bagian dari hidup namun kita memiliki pilihan untuk tidak membiarkan rasa takut menghentikan langkah kita.

Itu beberapa tips untuk menghilangkan pikiran negatif dan membuat Anda selalu berpikir positif. Mulailah menanamkan pikiran-pikiran positif dan hilangkan jauh-jauh pikiran negatif dari diri Anda. Perbanyaklah bersyukur.

Sumber : kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar