Selasa, 15 Juli 2014

Khasiat Bunga Sedap Malam yang Perlu Diketahui

Bunga Sedap Malam memiliki nama latin polianthes tuberosa, dalam bahasa melayu sundal malam yaitu tumbuhan hijau abadi dari suku agavaceae. Minyak dari bunga sedap malam ini bisa dipakai dalam pembuatan minyak wangi. Bunga yang keharumannya tidak kalah dengan bunga melati ini rupanya telah tersebar ke berbagai negara. Tidak hanya membangkitkan imajinasi setiap orang yang menghirup bau harum bunga sedap malam ini, ternyata bunga ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mulai dari influenza, rematik, keluhan susah tidur, dan lainnya.

Bunga Sedap Malam disebut-sebut memiliki kemampuan untuk memperkuat inspirasi artisitik seseorang disebabkan kemampuannya dalam menstimulasi otak kanan yang berhubungan dengan kreatifitas. Adapun bagian tanaman yang biasanya dipakai untuk obat ialah bunga dan juga akarnya. Kedua bagian tersebut bisa digunakan untuk pengobatan luar tubuh dan dalam.

Berikut beberapa khasiat dari bunga sedap malam: 
1. Bisul (Furunculus) dan Bengkak (Edema) 
Ambil akar sedap malam secukupnya lalu cuci bersih. Setelah itu tumbuk halus dan tempelkan pada bagian yang sakit.

2. Mempertajam Penglihatan 
Bahan: 30 kuntum bunga sedap malam, 70 gram kacang kapri muda, 100 gram daging ayam, 75 gram wortel, 1 butir telur ayam, 10 gram jahe, 2 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, kecap manis dan garam secukupnya. Potong-potong daging ayam dan wortel. Kemudian siapkan bawang putih dan bawang merah yang telah diiris-iris. Tumis semua bahan dengan minyak goreng nonkolesterol sampai matang.

3. Katarak, Radang 
Mata Rebus 50 kuntum bunga sedap malam dengan 1.500 cc air hingga mendidih. Tunggu sampai dingin. Setelah dingin, gunakan untuk mencuci mata.

4. Meningkatkan Stamina 
Bahan: 50 kuntum bunga sedap malam, 50 gram kacang kapri, 1 butir telur ayam, 100 gram udang, 10 gram jahe, 2 siung bawah putih, 4 siung bawang merah. Tumis semua bahan dengan minyak goreng nonkolesterol secukupnya. Jangan lupa tambahkan tepung maizena yang telah diencerkan. Masak sampai matang.

5. Influenza 
Bahan: 20 gram akar sedap malam, 15 gram jahe, 2 batang daun bawang putih, 600 cc air bersih. Rebus bahan bersama air sampai tersisa separuh (300 cc). Air rebusan tersebut diminum dua kali masing-masing 150 cc.

6. Rematik 
Bahan: 30 gram akar bunga sedap malam, 20 gram jahe merah, gula merah secukupnya, 400 cc air. Rebus bahan bersama 400 cc air hingga mendidih. Saring dan bagi dua bagian untuk diminum dua kali sehari.

Ternyata selain bunga sedap malam mempunyai harum yang sangat wangi untuk kita nikmati, ternyata mempunyai manfaat yang sangat besar untuk kesehatan. Marilah kita menggunakan obat tradisional seperti bunga sedap malam. Semoga bermanfaat.

Sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar