Kamis, 03 Maret 2016

6 Manfaat Sehat dari Buah Kersen

Buah kersen termasuk buah yang mudah ditemui dimana saja, karena biasanya tumbuh liar. Buah dengan nama latin Muntingia calabura ini memiliki sebutan yang berbeda setiap wilayah, misalnya: Talok, Keres, Kersem, dan lain sebagainya. Masyarakat lain menyebut buah kersen dengan nama buah keres, seri, ceri-cerian dan masih banyak lagi sebutan untuk buah ini. Buah ini mempunyai bentuk yang bulat kecil dan jika matang akan berwarna merah terang.
Kersen juga merupakan buah yang mempunyai rasa yang sangat manis saat matang sempurna. Oleh karena itu, banyak yang menyukai buah ini tidak terkecuali anak-anak. Didalam buah kersen terdapat kandungan nutrisi berupa kadar air, serat, vitamin A, vitamin C, batakaroten, riboflavin, niacin, tianin, kalsium, fosfor, karbohidrat, protein, abu, zat besi, flavonoid. Selain itu, buah kersen juga mempunyai sifat anti-kanker, anti-septik dan anti-inflamasi. Berkat semua kandungan nutrisi tersebut, membuat buah kersen mempunyai banyak manfaat yang tidak kalah dengan jenis buah-buahan lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya jangan menyepelekan buah kersen sebelum mengetahui sejumlah manfaat yang dimilikinya.

Inilah beberapa manfaat buah kersen untuk kesehatan tubuh.
1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan yang terdiri dari vitamin C dan flavonoid di dalamnya mempunyai kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh dapat terhindar gangguan penyakit akibat infeksi kuman, virus maupun bakteri.

2. Menyehatkan Organ Pencernaan
Buah kersen mempunyai kandungan serat pangan yang melimpah. Kandungan serat pangan tersebut berguna untuk menyehatkan organ-organ pencernaan seperti lambung dan usus, sehingga tubuh dapat terhindari dari masalah gangguan pencernaan.

3. Menjaga Kesehatan Jantung
Di dalam buah kersen terdapat sumber nutrisi yang berperan untuk melindungi miokardium yang berakibat pada penurunan signifikan dalam pembatasan kebocoran enzim. Dengan kata lain, kandungan di dalam buah kersen mempunyai kemampuan untuk mencegah terjadinya kebocoran enzim sehingga berguna untuk melindungi organ jantung.

4. Mengobati Penyakit Asam Urat
Buah kersen mempunyai kandungan senyawa dan zat-zat aktif yang dapat digunakan mengobati penyakit asam urat jika dikonsumsi secara teratur.

5. Mengatasi dan Mencegah Penyakit Anemia
Di dalam buah kersen terdapat kandungan zat besi yang cukup tinggi. Kandungan zat besi tersebut dapat digunakan untuk mengatasi dan mencegah penyakit anemia atau kurang darah. Kandungan zat besi tersebut mempunyai kemampuan untuk membantu proses produksi sel-sel darah merah di dalam tubuh.

6. Mencegah Dehidrasi
Buah kersen mempunyai kadar air yang cukup tinggi, sehingga ketika dikonsumsi dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Dehidrasi merupakan sebutan yang digunakan untuk tubuh yang kekurangan asupan cairan.

Itulah sejumlah manfaat yang dimiliki oleh buah kersen, setelah mengetahuinya jangan menyepelekan buah yang dianggap liar ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar