Kamis, 05 Februari 2015

Manfaat Dibalik Ikut Lomba bagi Anak

Mengikutsertakan anak dalam lomba seperti yang sering diadakan di kota-kota seperti fashion show, model, menyanyi, mewarnai, menggambar dan lainnya memang menyenangkan. Apalagi jika melihat mereka sebagai juara lomba anak tentu amat membanggakan orang tua.

Menurut Psikolog dan Pengamat Anak, Dr. Seto Mulyadi Psi, Msi, orangtua sebaiknya terus memberi semangat dengan mengatakan bahwa anak sudah berusaha maksimal walaupun mereka kalah dalam perlombaan. Hal tersebut agar anak menjadi tidak mudah putus asa dan tetap bersemangat untuk terus mencoba serta berusaha. Tidak hanya memberikan keceriaan, lomba-lomba tersebut juga membawa banyak manfaat bagi anak-anak. Berikut diantaranya:

Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi 
Berlomba memberi anak kesempatan berinteraksi dengan banyak orang. Dengan orang yang sudah dikenalnya maupun orang yang baru pertama kali anak temui. Hal ini dapat melatih anak untuk lebih percaya diri tampil di depan umum serta menempatkan diri dalam situasi baru.

Melatih Mental Anak 
 Lomba akan memberi anak pengalaman bagaimana merasakan sendiri keberhasilan maupun kegagalan. Orangtua dapat melatih anak berjiwa besar saat menerima kekalahan atau sebaliknya mengajari sikap rendah hati ketika menjadi pemenang.

Belajar Mandiri dan Berpikir Kreatif 
Masing-masing perlombaan memiliki aturannya sendiri. Dalam aturan tersebut anak dibebaskan untuk menyelesaikan perlombaan dengan caranya sendiri tanpa campur tangan orangtua. Hal ini akan melatih kemandirian, kreativitas, serta kemampuan anak dalam memecahkan masalah.

Mengenali Kelebihan dan Kekurangan Diri 
Saat berkompetisi anak akan mengenali apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Anak dapat belajar mengenali kelebihannya dan mengasahnya untuk terus menjadi semakin lebih baik. Sebaliknya, dia juga dapat mencari cara untuk mengatasi kekurangannya.

Meningkatkan Ikatan antara Orangtua dan Anak 
Selain menghabiskan waktu bersama, mengikuti perlombaan juga dapat membuat orangtua lebih mengenal kepribadian anak.

Pastinya dukungan orangtua penting bagi anak. Baik menang atau kalah, orangtua harus tetap dapat memberikan penghargaan atas pencapaian mereka.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar