Senin, 22 Desember 2014

Cara Mengendalikan Rasa Kesal dan Ingin Marah

Rasa marah adalah salah satu ekspresi emosi yang dirasakan oleh setiap manusia. Terlalu sering marah tentu saja tidak sehat, karena akan berdampak pada kondisi mental maupun fisik. Para ahli psikologi modern memandang kemarahan sebagai suatu emosi primer, alami, dan matang yang dialami oleh semua manusia pada suatu waktu, dan merupakan sesuatu yang memiliki nilai fungsional untuk kelangsungan hidup. Kemarahan dapat memobilisasi kemampuan psikologis untuk tindakan korektif. Namun, kemarahan yang tidak terkendali dapat berdampak negatif terhadap kualitas hidup pribadi dan sosial. Marah bisa menyebabkan stres dan merusak kesehatan. Tentu saja Anda butuh cara sehat untuk mengendalikannya. Saat Anda merasa kesal dan ingin marah, coba kendalikan dengan cara berikut ini:

1. Katakan langsung 
Lebih baik mengekspresikan ketidaksukaanmu pada seseorang atau sesuatu secara langsung. Katakanlah dengan gamblang bahwa kamu tidak suka dengan suatu hal. Tentu saja Anda tidak perlu mengekspresikannya dengan berteriak atau membuat keributan lainnya.

2. Bertemu teman-teman 
Keluar dan bertemu dengan teman-teman baik bisa mengalihkan pikiran dari sumber rasa ingin marah. Cobalah habiskan waktu bersama teman-teman untuk liburan di suatu tempat. Dengan begitu, pikiranmu akan terasa lebih tenang dan nyaman.

3. Tarik napas dalam-dalam 
Ketika merasa rasa marahmu sudah naik ke kepala, coba langsung tarik napas secara dalam-dalam. Memiliki lebih banyak oksigen dalam sistem tubuh dapat membersihkan otak dari rasa ingin marah.

4. Tertawa 
Tawa dan kemarahan seringkali dianggap dua sisi mata uang yang sama. Jika kamu belajar untuk menertawakan diri sendiri, maka kamu bisa tertawa terbahak-bahak bahkan ketika kamu sedang mengamuk dan marah.

5. Meditasi 
Lakukanlah meditasi setiap hari agar kamu bisa mendapatkan pegangan kuat pada emosimu. Meditasi membantu mengembangkan kemampuan mental dan membuat kita lebih tenang.

Saat marah, terkadang orang sulit untuk mengontrol dirinya. Jika tidak pandai mengontrol emosi, bisa jadi seseorang yang marah bertindak berlebihan yang bisa merugikan dirinya sendiri atau orang lain. Maka, penting untuk mengetahui cara mengatasi marah agar emosi Anda lebih stabil.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar