Selasa, 18 November 2014

Yuk Kendalikan Stres!

Selama menjalani kehidupan di dunia, manusia pasti akan menghadapi tantangan dan masalah. Terkadang masalah-masalah tersebut sulit sekali kita hindari maupun kita temui jalan keluar ataupun solusinya. Masalah-masalah seperti masalah keluarga, percintaan, persahabatan, keuangan maupun masalah yang terkait dengan pekerjaan Anda sehari-hari. Stres merupakan reaksi normal terhadap perubahan dan gejolak kehidupan sehari-hari. Stres dapat diderita siapa pun tanpa pandang status kaya, miskin, tua, muda, lelaki atau perempuan.

Pada penderitanya, stres dapat mengakibatkan jantung berdebar, otot tubuh menegang, sulit tidur walau mata dalam posisi terpejam, nafsu makan hilang, atau sebaliknya terlalu banyak makan, kepala pening, perut perih dan diare, perasaan lelah serta susah berkonsentrasi.

Bila sudah begini, stres akan mengganggu hampir semua rutinitas hidup Anda. Bukan cuma itu, stres bisa berujung pada penyakit sroke. Karena itu, stres harus di atasi. Nah, untuk mensiasatinya, Anda harus pandai-pandai mengendalikan stres agar terhindar dari resiko stroke.

Berikut beberapa caranya: 
1. Anda harus realistis terhadap keinginan yang hendak Anda raih.
2. Susunlah rencana kerja yang konkrit dan mampu Anda realisasikan dan kerjakan.
3. Berpikir positif menghadapi suasana lingkungan.
4. Sediakan waktu untuk menyalurkan bakat dan hobby atau kesenangan yang positif.
5. Mintalah masukan dari pasangan, kerabat, teman atau pada pemuka agama untuk mencari solusi atas setiap masalah Anda.

Luangkan waktu Anda untuk melakukan cara tersebut diatas sehingga Anda terhindar dari stres yang pada akhirnya tubuh Anda akan lebih sehat.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar