Jumat, 11 Juli 2014

Manfaat Bayam Merah untuk Kesehatan

Bayam hijau sudah biasa tetapi kalau bayam merah mungkin bayak yang belum terbiasa untuk mengonsumsinya. Sebenarnya tanaman bayam dikenal sebagai tumbuhan hias. Tanaman ini berasal dari Amerika tropik dan mudah tumbuh di iklim tropis maupun subtropis di seluruh dunia. Namun, jika untuk di budidaya, bayam akan tumbuh lebih subur di dataran rendah dengan tempat yang terbuka dan berudara panas. Dalam perkembangan selanjutnya, tanaman bayam dipromosikan sebagai bahan pangan sumber protein, terutama untuk negara-negara berkembang.

Bayam merah (Blitum rubrum) rasanya agak berbeda dengan bayam hijau. Bayam merah diyakini memiliki lebih banyak khasiat dibanding bayam hijau. Bayam merah mengandung vitamin A, B, C, protein, kalium, zat besi, purin, karbohidrat, dan amarantin. Selain menambah energi, ada beberapa manfaat lain yang bisa kita nikmati dari bayam merah.

Berikut beberapa manfaat dari bayam merah: 
1. Membantu Menurunkan tekanan darah tinggi. 
Mengandung kalium dan rendah sodium. Tingkat mineral yang seimbang ini sangat bermanfaat bagi pasien dengan tekanan darah tinggi. Selain itu, folat dalam bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah, dengan demikian mempertahankan kelancaran aliran darah.

2. Dapat Mencegah Osteoporosis. 
Secangkir daun bayam merah segar memenuhi 200% kebutukan nilai harian akan vitamin K. Vitamin ini amat penting dalam pencegahan keropos tulang. Selain itu, mineral lainnya seperti magnesium, seng, tembaga dan fosfor dalam bayam juga membantu penguatan tulang.

3. Melawan Sel Kanker. 
Vitamin A dan C serta serat, asam folat dan 13 flavonoid dalam bayam merah sangat bermanfaat dalam memerangi sel kanker. Sebuah penelitian menunjukkan, kandungan tersebut pada bayam merah menurunkan risiko kanker sebesar 34% terutama pada kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat, kanker kulit dan kanker perut.

4. Sumber Anti-inflamasi. 
Bayam merah mengandung sifat alkalinitas yang tinggi sehingga membuat sayur ini pilihan yang sempurna bagi penderita penyakit inflamasi, seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.

5. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. 
Bayam merah merupakan sumber folat yang baik, yang dapat mengurangi homosistein, asam amino yang ditemukan dalam darah. Tingginya tingkat homosistein dalam darah menyebabkan tingginya risiko penyakit jantung. Bayam merah juga mengandung choline dan inositol, yang membantu mencegah pengerasan pembuluh darah.

6. Mencegah Diabetes. 
Bayam sangat berguna bagi orang yang menderita diabetes juga. Magnesium ditemukan dalam bayam membantu untuk mencegah komplikasi yang terjadi setelah diabetes. Konsumsi rutin bayam merah membantu menstabilkan gula darah dan mencegah dari berfluktuasi terlalu banyak.

7. Mencegah Anemia. 
Bayam merah adalah sumber zat besi yang diperlukan dalam mencegah anemia. Zat besi membantu meregenerasi atau memperbanyak sel darah merah, yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Nah itulah beberapa manfaat bayam merah untuk kesehatan. Silahkan Mencoba.

Sumber : kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar