Selasa, 13 Mei 2014

Khasiat Putri Malu bagi Kesehatan

Tanaman putri malu adalah jenis flora yang telah lama dikenal memiliki karakter unik, yaitu daun yang akan menutup ketika tersentuh sesuatu. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah, tetapi kemudian tersebar dan tumbuh di wilayah Asia Tenggara, Asia Selatan, dan di Kepulauan pasifik.

Selain itu, pemilik nama latin Mimosa pudica ini telah lama dikenal sebagai tanaman obat untuk beberapa jenis penyakit, baik dari daun, akar maupun bibit putri malu. Manfaat putri malu bagi kesehatan manusia mulai dikenal sejak lama. Apa saja manfaat dan khasiatnya tanaman putri malu bagi kesehatan.

Beberapa khasiat tanaman putri malu bagi kesehatan:
1. Batuk Berdahak
Tanaman ini juga berkahsiat yang sedang batuk apalagi yang banyak dahaknya. Caranya rebus akar putri malu sebanyak 10-15 gram lalu airnya diminum.

2. Rematik
15 gram akar Mimosa pudica direndam dalam arak putih 500 cc selama 2 minggu. Kemudian ditempelkan ditempat yang sakit.

3. Hepatitis
Rebusan putri malu telah diuji mampu mencegah dan mampu mengobati hipetitis. Caranya dengan merebus putri malu sebanyak 10 gram dengan air 200 cc sampai mendidih selama 15 menit. Hasil rebusan diminum rutin.

4. Susah tidur (Insomia)
Bagi orang yang menderita susah tidur, bisa mencoba merebus sebanyak 30-60 gram daum putri malu diminum airnay. Atau rasanya mungkin akan lebih enak kalau mencampur 15 gram daun putri malu denga 15 gram daun sawi langit (vemonia cinerea) dan 30 gram daun callincing lalu direbus dan airnya kemudian diminum.

5. Bronchitis Kronik
Penyakit bronchitis adalah merupakan salah satu penyakit paru-paru. Bagi yang punya penyakit, bisa merebus 60 gram akar putri malu dengan sebanyak 600 cc air, direbus dengan api kecil sehingga menjadi 200 cc. Lalu airnya dibagi untuk dua kali minum.

Kandungan kimia dari jenis tanaman putri malu yang sangat penting adalah mimosine yang mempunyai sifat kimiawi dan efek dalam farmakologi antara lain manis, astringen, dan agak dingin. Sedangkan efek farmkologisnya adalah sebagai penenang (tranquiliser), pelancar dahak (expectoran), sedative, anti batuk (antitusif), penurun panas (antipiretic), pelancar air kencing (diuretic), dan anti radang (anti-inflammatory).

Itulah beberapa manfaat dan khasiat tanaman putri malu kesehatan. Semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar