Rabu, 23 April 2014

Manfaat Potassium atau Kalium bagi Kesehatan

Potassium atau kalium merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Faktanya, kalium merupakan mineral ketiga yang paling banyak terdapat di dalam tubuh manusia. Sebagai gambaran, beberapa manfaat kalium bagi kesehatan tubuh manusia adalah dalam penanganan stroke, tekanan darah, rasa cemas dan stres, juga berperan dalam kekuatan otot, dalam berbagai proses metabolisme di dalam tubuh, pada kelainan jantung dan ginjal, keseimbangan cairan tubuh, fungsi elektrolit, sistem saraf dan berbagai manfaat lain bagi kesehatan manusia.

Kalium merupakan mineral yang memiliki fungsi utama sebagai elektrolit, dan kalium diperlukan untuk menjaga jantung, otak, ginjal, jaringan otot dan berbagai organ lainnya di dalam tubuh agar tetap dalam kondisi baik. Karena hal itulah, kalium memiliki segudang peran dan manfaat bagi tubuh.

Berikut beberapa manfaat potassium bagi kesehatan: 
1.Menjaga Fungsi Otot 
Potassium dikenal sebagai nutrisi yang berperan penting dalam menjaga fungsi otot dalam berkontraksi dan berelaksasi. Kekurangan potassium dalam tubuh dapat menyebabkan kram otot dan lemah otot.

2.Mengendalikan Tekanan Darah 
Kadar sodium yang terlalu tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan tekanan darah. Potassium dapat mencegah naiknya tekanan darah akibat kelebihan sodium sehingga mengurangi resiko tekanan darah tinggi (hipertensi).

3.Menjaga Keseimbangan Air dalam Tubuh 
Potassium berperan dalam mempertahankan keseimbangan optimal cairan dalam tubuh. Sel-sel yang berbeda memerlukan keseimbangan air yang berbeda pula agar berfungsi optimal dan potassium membantu sel-sel mengatur keseimbangan ini.

4.Menjaga Kepadatan Tulang 
Banyak makan makanan yang mengandung potassium dapat mengurangi resiko osteoporosis (tulang keropos) karena potassium berperan dalam menjaga kepadatan tulang. Hal ini dikarenakan potassium membantu tubuh memanfaatan kalsium terutama untuk pembentukan tulang.

5.Membantu Menghasilkan Energi 
Tubuh kita juga memerlukan potassium untuk membantu proses metabolisma tubuh. Metrabolisma adalah proses mencerna, mengolah, dan mengubah makanan menjadi energi untuk keperluan fungsi organ dan aktivitas fisik.

6.Mengurangi Resiko Batu Ginjal 
Banyak makan makanan yang mengandung potassium diketahui dapat meresiko terbentuknya batu ginjal. Hal ini dikarenakan mineral potassium membantu pemanfaatkan kalsium oleh tubuh kita. Kekurangan potassium dapat meningkatkan pelepasan mineral kalsium sehingga meningkatkan kadar kalsium dalam urin. Kadar kalsium yang tinggi dalam urin meningkatkan resiko pembentukan batu ginjal.

7.Menetralisir Keasaman dalam Tubuh 
Potassium adalah salah satu unsur yang bersifat basa. Zat yang bersifat basa bermanfaat menetralkan kelebihan asam dalam tubuh yang dapat merugikan tubuh.

8.Menjaga Kesehatan Otak 
Banyak makan makanan yang mengandung potassium juga baik bagi kesehatan otak. Potassium diketahui turut membantu transport oksigen ke otak sehingga menjaga fungsi otak.

9.Menjaga Kesehatan Kulit 
Mencukupi kebutuhan harian potassium juga memberikan manfaat bagi kesehatan kulit. Potassium membantu pertumbuhan sel-sel kulit dan membantu menjaga kelembaban sel-sel kulit.

10.Membantu Fungsi Syaraf 
Mineral kalsium juga diperlukan tubuh untuk menjaga fungsi syaraf. Mineral potassium membantu menstimulasi konektivitas syaraf-syaraf otot dan otak. Kekurangan mineral potassium dapat mengurangi refleks gerakan.

Makanan yang seimbang haruslah memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, termasuk kebutuhan kalium. Kalium dapat diperoleh dengan mengonsumsi makanan. Makanan yang kaya akan kalium diantaranya adalah buah jeruk, sayur-sayuran, biji-bijian, ikan salmon, daging ayam, susu serta kacang almond, dan lain-lain. Sumber makanan yang kaya akan kalium yang tidak boleh dilupakan adalah buah pisang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar